PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NAFIATUL MUNAWAROH, 12205173090 (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Siswa SDI Bayanul Azhar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Shafiyra Rahayu, NIM 12205173241, pembimbing Drs. Nurul Hidayat, M.Ag. Kata kunci: Implementasi Metode An-Nahdliyah, Kemampuan Membaca Al Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan metode dalam proses belajar membaca Al-Qur’an. Ketepatan metode yang digunakan akan berpengaruh pada meningkatnya kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa. Salah satu metode belajar membaca Al-Quran yang terkenal yaitu metode An-Nahdliyah. Metode An-Nahdliyah juga merupakan metode yang sudah mendunia. Selain itu, metode ini pun spesial dari metode lainnya karena dalam pelaksanannya menggunakan ketukan. Karena menggunakan ketukan, tentunya akan memudahkan siswa dalam belajar membaca Al-Qur’an. Fokus dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan metode AnNahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa SDI Bayanul Azhar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa SDI Bayanul Azhar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat metode AnNahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa SDI Bayanul Azhar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi, dan pengecekan teman sejawat Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Perencanaan belajar membaca Al-Qur’an dengan metode An-Nahdliyah di SDI Bayanul Azhar Sumbergepol yaitu guru yang mengajar mengaji adalah guru kelas masing-masing dibantu guru Pendidikan Agama Islam, dan proses belajar mengaji dilakukan di kelas masing-masing, menggunakan buku paket cepat tanggap belajar Al-Qur’an metode An-Nahdliyah yang terdiri dari jilid 1-6. (2) Pelaksanaan metode AnNahdliyah di dukung dengan alat peraga dari sekolah. Setelah mengaji, siswa melakukan pembiasaan diantaranya bergilir membaca Surah-Surah pendek dan hafalan doa sehari-hari. Selain itu, pelakanaan belajar membaca AlQur’an terjadwal setiap hari Senin, Rabu, dan Jum’at. Untuk pengelompokan siswa dilakukan dengan cara berikut. Pada saat mengaji siswa dikelompokkan sesuai jilid yang mereka capai. Setelah berkelompok sesuai jilid, kemudian bergilir untuk membaca di depan diiringi dengan ketukan. Agar lebih efektif dan efisien, membaca dilaksanakan secara bergilir dibagi menjadi tiga hari. Jadwal hari Senin siswa dengan jilid 1 dan 2. Hari Rabu siswa jilid 3 dan 4. Terakhir, hari Jum’atxviii siswa jilid 5 dan 6. (3) Faktor pendukung belajar membaca Al-Qur’an diantaranya peserta didik yang belajar membaca Al-Qur’an di rumah dan TPQ, Pendidik di SDI Bayanul Azhar sudah memiliki sertifikat pelatihan metode An-Nahdliyah. Faktor penghambat belajar membaca Al-Qur’an diantaranya kurangnya motivasi belajar dan rasa percaya diri siswa dalam belajar membaca Al-Qur’an, Orang tua yang hanya mengandalkan kemampuan anak membaca Al-Qur’an dari sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Masyarakat Islam
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173090 NAFIATUL MUNAWAROH
Date Deposited: 18 Aug 2021 07:38
Last Modified: 18 Aug 2021 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21110

Actions (login required)

View Item View Item