DEWI YULIYANIK, 12206173023 (2021) IMPLEMENTASI METODE IQRO' DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI TPQ BAITUL MAKMUR PRAMBON NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (854kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Dewi Yuliyanik. NIM. 12206173023. Implementasi Metode Iqro’ dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini di TPQ Baitul Makmur Prambon Nganjuk. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr.Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata kunci: Metode Iqro’, Pengenalan Huruf Hijaiyah Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena mengenai pentingnya pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini untuk memberikan pondasi dasar membaca Al-Qur’an. Dalam hal ini, peneliti menghubungkannya dengan pemilihan metode baca Al-Qur’an yang disesuaikan dengan anak usia dini di TPQ Baitul Makmur Prambon Nganjuk. Fokus pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan yang digunakan pada implementasi metode iqro’ dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Baitul Makmur Prambon Nganjuk?, (2) Bagaimana pelaksanaan metode iqro’ dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Baitul Makmur Prambon Nganjuk?, (3) Bagaimana hasil dari implementasi metode iqro’ dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Baitul Makmur Prambon Nganjuk?. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di TPQ Baitul Makmur Prambon Nganjuk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi teknik sumber dan waktu. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Perencanaan yang disusun yaitu metode membaca Al-Qur’an, menyusun kurikulum, rencana pembelajaran, jadwal pembelajaran, bentuk penilaian, serta menyiapkan media dan bahan ajar. (2) Pelaksanaan dilakukan melalui rangkaian kegiatan (a) anak berdo’a bersama, bernyanyi islami, mengulas materi, menerima materi baru, serta menulis huruf hijaiyah. (b) guru menyimak anak satu persatu melalui teknik individual dengan cara belajar santri aktif dan asistensi. (c) guru memberikan contoh bahasan baru dengan memperhatikan gerak bibir anak dan sebaliknya. (d) Anak tidak perlu mengulang bacaan yang dibaca benar, jika salah maka cukup benarkan huruf yang salah tersebut. (e) setiap pertemuan anak membaca 1 halaman atau lebih dengan berloncat ke halaman berikutnya dan anak melaksanakan EBTA. (3) Hasil dari implementasi metode iqro’ dilakukan dengan evaluasi melalui pengukuran dan penilaian. Hasil kegiatan membaca huruf hijaiyah dengan metode iqro’ dapat dilihat pada keterangan lembar batas baca anak baik lancar, kurang lancar, atau ulang, sedangkan hasil kegiatan penunjang dalam menulis huruf hijaiyah dapat dilihat pada buku mengenal huruf hijaiyah maupun buku tulis anak didik dengan perolehan skor maksimal 100.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan Islam > TPA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206173023 Dewi Yuliyanik |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 07:50 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:15 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21121 |
Actions (login required)
View Item |