IMPLEMENTASI METODE IQRO' DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI TPQ BAITUL MAKMUR PRAMBON NGANJUK

DEWI YULIYANIK, 12206173023 (2021) IMPLEMENTASI METODE IQRO' DALAM PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI DI TPQ BAITUL MAKMUR PRAMBON NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dewi Yuliyanik. NIM. 12206173023. Implementasi Metode Iqro’ dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini di TPQ Baitul Makmur Prambon Nganjuk. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr.Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I. Kata kunci: Metode Iqro’, Pengenalan Huruf Hijaiyah Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena mengenai pentingnya pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini untuk memberikan pondasi dasar membaca Al-Qur’an. Dalam hal ini, peneliti menghubungkannya dengan pemilihan metode baca Al-Qur’an yang disesuaikan dengan anak usia dini di TPQ Baitul Makmur Prambon Nganjuk. Fokus pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan yang digunakan pada implementasi metode iqro’ dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Baitul Makmur Prambon Nganjuk?, (2) Bagaimana pelaksanaan metode iqro’ dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Baitul Makmur Prambon Nganjuk?, (3) Bagaimana hasil dari implementasi metode iqro’ dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini di TPQ Baitul Makmur Prambon Nganjuk?. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di TPQ Baitul Makmur Prambon Nganjuk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi teknik sumber dan waktu. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Perencanaan yang disusun yaitu metode membaca Al-Qur’an, menyusun kurikulum, rencana pembelajaran, jadwal pembelajaran, bentuk penilaian, serta menyiapkan media dan bahan ajar. (2) Pelaksanaan dilakukan melalui rangkaian kegiatan (a) anak berdo’a bersama, bernyanyi islami, mengulas materi, menerima materi baru, serta menulis huruf hijaiyah. (b) guru menyimak anak satu persatu melalui teknik individual dengan cara belajar santri aktif dan asistensi. (c) guru memberikan contoh bahasan baru dengan memperhatikan gerak bibir anak dan sebaliknya. (d) Anak tidak perlu mengulang bacaan yang dibaca benar, jika salah maka cukup benarkan huruf yang salah tersebut. (e) setiap pertemuan anak membaca 1 halaman atau lebih dengan berloncat ke halaman berikutnya dan anak melaksanakan EBTA. (3) Hasil dari implementasi metode iqro’ dilakukan dengan evaluasi melalui pengukuran dan penilaian. Hasil kegiatan membaca huruf hijaiyah dengan metode iqro’ dapat dilihat pada keterangan lembar batas baca anak baik lancar, kurang lancar, atau ulang, sedangkan hasil kegiatan penunjang dalam menulis huruf hijaiyah dapat dilihat pada buku mengenal huruf hijaiyah maupun buku tulis anak didik dengan perolehan skor maksimal 100.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Quran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173023 Dewi Yuliyanik
Date Deposited: 18 Aug 2021 07:50
Last Modified: 02 Nov 2021 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21121

Actions (login required)

View Item View Item