SONIA FIKA WIDHASARI, 12205173301 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PPKN DI MI DARUL HUDA POJOK, NGANTRU KAB. TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020-2021. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (616kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (653kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (404kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Sonia Fika Widhasari. NIM 12205173301. Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn di MI Darul Huda Pojok, Ngantru Kab. Tulungagung Tahun Ajaran 2020-2021. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Ibu Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan model konvensional, sehingga mengakibatkan hasil siswa kurang maksimal. Peneliti menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Problem Based Learning yaitu pembelajaran berbasis masalah, dimana masalah yang dikaji secara nyata dekat dengan kehidupan siswa. Sehingga diharapkan siswa dapat memecahkan masalah sesuai dengan pengalaman yang mereka sendiri rasakan dan tentunya dapat memudahkan siswa. Dan peneliti memfokuskan pada hasil belajar siswa dimana hasil belajar menjadi salah satu skala tingkat keberhasilan pembelajaran yang berlangsung dan dapat dihitung melalui hasil belajar tersebut. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu adakah pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tahun Ajaran 2020-2021?. Adapun yang menjadi tujuan dari eksperimen ini yaitu dapat memberikan gambaran mengenai pengaruh model pembelajaran ini terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tahun Ajaran 2020-2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen. Model eksperimen yang diterapkan adalah Quasi Experiment dengan Non Equivalent Control Grup Design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Pengumpulan data menggunakan tehnik tes yaitu menggunakan nilai post-test sedangkan analisi data menggunakan tehnik uji pra penelitian (uji normalitas dan reabilitas ) dan uji pra analisis (normalitas, homogenitas dan uji t). Hasil dari penelitian memberikan keterangan peneliti telah membuktikan terdapat pengaruh dengan adanya model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn di MI Darul Huda Pojok, Ngantru Kab. Tulungagung Tahun ajaran 2020-2021. Hal ini berdasarkan perhitungan uji-t untuk hasil akhir belajar siswa mata pelajaran PPKn diperoleh Sig(2-tailed) sebesar 0,00. Karena siginifikasi˂0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di MI Darul Huda Pojok, Ngantru Kab. Tulungagung Tahun Ajaran 2020-2021.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Sonia Fika Widhasari |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 03:03 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 03:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21158 |
Actions (login required)
View Item |