PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) DI SMPIT AL-ASROR TULUNGAGUNG

FINDI AYU ASHARI, 12207173062 (2021) PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) DI SMPIT AL-ASROR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di SMPIT Al-Asror Tulungagung” ini ditulis oleh Findi Ayu Ashari, 12207173062, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. Khoirul Anam M.Pd.I. Kata Kunci: Kompetensi Tenaga Pendidik, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Pelatihan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa ada peningkatan kompetensi yang dimiliki oleh tenaga pendidik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dapat meningkatkan kompetensi dari tenaga pendidik di SMPIT Al-Asror Tulungagung. Oleh karena itu program pengembangan keprofesian berkelanjutan sangat dibutuhkan dalam mengembangkan pengetahuan dan kompetensi yang dimiliki oleh tenaga pendidik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui program PKB di SMPIT Al-Asror Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui program PKB di SMPIT Al-Asror Tulungagung? (3) Bagaimana hambatan peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui program PKB di SMPIT Al-Asror Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui program PKB di SMPIT Al-Asror Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui program PKB di SMPIT Al-Asror Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan hambatan peningkatan kompetensi tenaga pendidik melalui program PKB di SMPIT Al-Asror Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan diperoleh dari wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum, dan tenaga pendidik SMPIT Al-Asror Tulungagung. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis dengan cara data itu diseleksi atas dasar rebilitas dan validitasnya, data yang kurang lengkap digugurkan atau dilengkapi dengan substitisi. Selanjutnya, data yang telah lulus dalam seleksi itu kemudian diatur urutannya agar memudahkan pengolahan selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan program PKB dilakukan dengan melihat hasil dari penilaian kinerja guru (2) pelaksanaan program PKB ada dua kegiatan yaitu pelatihan tahsinul qiroah dan pelatihan peningkatan IT (3) hambatan yang terjadi pada program PKB yaitu ada beberapa tenaga pendidik yang tidak hadir lebih dari tiga kali pada pelaksanaan program PKB, kurangnya sarana prasarana, dan dibutuhkan kuota internet pribadi untuk menunjang pelaksanaan program PKB secara daring.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173062 Findi Ayu Ashari
Date Deposited: 20 Aug 2021 03:15
Last Modified: 20 Aug 2021 03:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21168

Actions (login required)

View Item View Item