STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG

IMROATUS SOLIKAH, 12201173427 (2021) STRATEGI GURU PAI DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SMKN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Strategi Guru PAI dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama pada Peserta Didik di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung" ini ditulis oleh Imroatus Solikah, NIM. 12201173427, pembimbing Dr. H. Nursamsu, S.Pd. I., M.Pd., NIP. 19780204 200901 1 003 *Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Toleransi Beragama, Peserta Didik* Krisis sikap toleransi mengubah sikap generasi bangsa yang berdampak pada perkembangan keutuhan negara dan juga rasa persatuan bangsa. Oleh karena itu, generasi bangsa harus memiliki pengendali diri yang kuat melalui proses pendidikan karakter. Sekolah sebagai lembaga formal bagi generasi bangsa memiliki peran besar dalam membentuk sikap toleransi beragama. Dalam menanamkan sikap toleransi beragama, banyak hal yang dilakukan sekolah agar peserta didik dapat menjalankannya dengan baik. Guru PAI harus menjadi figur panutan bagi peserta didik, yang mana harus mampu menjadikan dirinya sebagai uswatun hasanah bagi lingkungan sekitarnya. Guru PAI sebagai pendidik berperan besar dalam membentuk sikap toleransi beragama pada peserta didik. Oleh sebab itu, guru PAI harus memiliki strategi-strategi dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan Guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada peserta didik di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan Guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada peserta didik di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi Guru PAI dalam menanamkan sikao toleransi beragama pada peserta didik di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung? Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap-tahap analisa data yang digunakan peneliti melalui (1)mengorganisasikan dan menyiapkan data yang akan dianalisis (organizing and preparing data for analysis), (2) Baca dan lihat seluruh data (read and look at all the data), (3) Membuat koding seluruh data (start coding all of the data), (4) Menggunakan koding sebagai bahan untuk membuat diskripsi (used coding all of the data), (5) Menghubungkan antar tema (interrelating theme), (6) Memberi interpretasi dan makna tentang tema (interpreting the meaning of the theme). Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi yakni (triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu), perpanjangan keikutsertaan dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan Guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada peserta didik di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung, yaitu: a) mengidentifikasi jumlah peserta didik yang beragama muslim dan nonmuslim; b) menganalisis kebutuhan ilmu agama peserta didik; c) menyiapkan progam baik tertulis maupun tidak tertulis; d) menyiapkan tambahan materi; e) menyiapkan waktu _open sharing_ di luar jam pelajaran. (2) Pelaksanaan Guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi pada peserta didik di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung, yaitu: a) Guru PAI melaksanakan penanaman sikap toleransi beragama di dalan kelas dengan memberikan wejangan pada peserta didik; b) Guru PAI melaksanakan penanaman sikap toleransi beragama melalui kegiatan di luar jam pembelajaran yakni pondok karakter, kegiatan PHBI, kajian ilmiah dan diklat ekstrakurikuler yang juga mendukung penanaman sikap toleransi beragama. (3) Evaluasi Guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama pada peserta didik di SMKN 1 Rejotangan Tulungagung, yaitu: a) mengamati adab peserta didik kepada guru baik muslim maupun nonmuslim; b) Mengamati sikap toleransi saat bersama teman-teman baik muslim dan nonmuslim; c) Mengamati sikap toleransi beragama peserta didik saat proses pembelajaran di dalam kelas dan juga kegiatan ekstrakurikuler.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173427 Imroatus Solikah
Date Deposited: 20 Aug 2021 04:06
Last Modified: 20 Aug 2021 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21169

Actions (login required)

View Item View Item