MOCHAMMAD ASIS ALFIAN, 12204173238 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII DI MTS DARISSULAIMANIYYAH TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (724kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (317kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (221kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (267kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (249kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (216kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (201kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (67kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII di MTs Darissulaimaniyah Trenggalek” ditulis oleh Mochammad Asis Alfian NIM 12204173238, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M. Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran,Giving Question And Getting Answer, Komunikasi Matematis. Asumsi bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit menjadikan siswa tidak mau bahkan tidak suka untuk belajar matematika. Hal ini menjadikan hasil belajar Matematika siswa tidak dapat mencapai hasil yang maksimal. Rendahnya hasil belajar matematika mencerminkan bahwa siswa tersebut kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika maupun penyelesaian soal. salah satunya disebabkan kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemampuan komunikasi matematis ini tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan siswa dalam belajar, melainkan juga bisa dipengaruhi oleh kualitas pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih komunikasi matematis siswa adalah model pembelajaran giving question and getting answer. Model pembelajaran giving question and getting answer adalah pembelajaran aktif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan ide atau pokok pikirannya sendiri kepada siswa yang lain dan berdiskusi mengenai konsep yang belum dimengerti dalam suatu mata pelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran giving question and getting answer terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa materi relasi dan fungsi kelas VIII di MTs Darissulaimaniyah Trenggalek Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan the matching-only posttest-only control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan 17 siswa kelompok eksperimen dan 18 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai Sig. sebesar 0,024. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran giving question and getting answer terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa materi relasi dan fungsi kelas VIII di MTs Darissulaimaniyyah Trenggalek.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173238 MOCHAMMAD ASIS ALFIAN |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 04:24 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 04:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21172 |
Actions (login required)
View Item |