KHABIBULLOH, MASDA (2011) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM MENGEFEKTIFKAN PROSES PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN II DEMUK KECAMATAN PUCANGLABAN KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
BAB I.doc Download (74kB) |
|
Text
BAB II.doc Download (203kB) |
|
Text
BAB III.doc Download (111kB) |
|
Text
BAB IV.doc Download (215kB) |
|
Text
BAB V.doc Download (41kB) |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.doc Download (36kB) |
|
Text
KOVER.doc Download (107kB) |
Abstract
Kata kunci: Penggunaan media pembelajaran visual grafis. Penulisan skripsi ini dilatar belakangi bagaimana penggunaan media pembelajaran sekarang ini apakah pendidikan sekarang ini sudah maju atau malah sebaliknya padahal sekarang media pembelajran sudah begitu sangat canggih dari pada media pembelajaran yang dulu. Penggunaan media visual dalam mengefektifkan proses pencapaian tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam di SDN II Demuk dengan rancangan studi kasus. Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian adalah: 1) Bagaiman guru dalam memilih media visual grafis dalam mengefektifkan proses pencapaian tujuan belajar PAI siswa kelas III di SDN II Demuk. 2). Bagaimana guru dalam menggunakan media visual grafis dalam mengefektifkan proses pencapaian tujuan belajar PAI siswa kelas III di SDN II Demuk. 3). Bagaimana guru dalam mengevaluasi media visual grafis dalam proses pencapaian tujuan pembelajaran PAI siswa Kelas III di SDN II Demuk. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis data deskriptif. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik perpanjangan kehadiran, trianggulasi, serta pembahasan sejawat. Hasil penelitian: 1) Yaitu tata cara dalam pemilihan media visual grafis di SDN II Demuk sifatnya sederhana di antaranya tergantung pada kecermatan dan ketepatan serta tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan melihat kondisi siswa dan ketersediaan media pembelajaran; Serta harus mempertimbangkan anggaran atau biaya yang ada; serta media yang digunakan harus sesuai dengan materi yang ada, dengan biaya yang murah, dan harus bisa ditangkap oleh siswa serta mudah untuk didapatkan. 2). Guru menempelkan atau menggambarkan media yang dibutuhkan di papan tulis terkait materi yang diajarkan. Selanjutnya guru menerangkan materi yang diajarkan kepada siswa serta menyangkutpautkan materi ajarnya dengan media yang ditempelkan seperti media foto, media gambar orang yang sedang berwudhu, orang yang sedang bertayamum, atau biasanya mengambarkan media yang terkait juga dengan materi di papan tulis untuk menunjang proses pembelajaran; setelah selesai menerangkan anak diberi keleluasaan untuk mengamati dan memahami langsung gambar yang dibawa/ditempel atau digambar oleh GPAI di papan tulis; dan selanjutnya guru menerangkan kembali secara detail apa maksud dari gambar tersebut untuk menjawab pertanyaan dari para murid. 3) Cara mengevaluasi media pembelajaran di SDN II Demuk di antaranya mengumpulkan data-data tentang aktivitas dan efisiensi penggunaan media yang digunakan dalam usaha mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam program pembelajaran; jika media yang digunakan kurang maksimal dan kurang efisien dari KKM beliau akan menyempurnaan kembali media yang dulu dengan jalan melihat data-data seperti hasil nilai yang sudah dikumpulkan; dan dari melihat data-data dari nilai ini media yang kurang efektif dan efisien dari standar KKM maka media ini akan disempurnakan serta akan diteliti lagi apakah media ini lebih efektif dan efisien dalam situasi-situasi tertentu.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 08 Sep 2015 06:54 |
Last Modified: | 08 Sep 2015 06:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2119 |
Actions (login required)
View Item |