NIKEN PUJI RAHAYU, 12205173183 (2021) PENGARUH INTENSITAS TAHFIDZ QUR'AN TERHADAP TINGKAT KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Intensitas Tahfidz Qur’an terhadap Tingkat Kecerdasan Visual-spasial Siswa MI Roudlotul Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung” ditulis oleh Niken Puji Rahayu, NIM. 12205173183. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Moh Arif, M.Pd.I, NIP. 198104212009121003. Kata kunci: Tahfidz Qur’an, Kecerdasan Visual-spasial Penelitian ini dilatarbelakangi program tahfidz Qur’an di MI Roudlotul Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung. Program tersebut merupakan target kelulusan bagi siswa-siswi yang dilaksanakan di semua jenjang kelas mulai dari kelas I sampai kelas IV. Ditinjau dari tingkat hafalan siswa yang paling tinggi, maka peneliti mengambil kelas VI untuk dijadikan uji coba kuesioner dan sampel penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada 2 yang akan digunakan sebagai dasar penelitian. Pertama, Apakah Intensitas Tahfidz Qlur'an berpengaruh Terhadap Tingkat Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung?. Kedua, Seberapa besar Pengaruh Intensitas Tahfidz Qur'an Terhadap Tingkat Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Siswa Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Intensitas Tahfidz Qur'an berpengaruh Terhadap Tingkat Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung serta untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Intensitas Tahfidz Qur'an Terhadap Tingkat Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Siswa MI Roudlotul Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian exspost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi MI Roudlotul Ulum Jabalsari yang mengikuti program tahfidz sejumlah 206 siswa. Ssampel penelitian ini sejumlah 20 orang peserta didik, dengan menggunakan teknik sampling yaitu purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menggunakan regresi linier sederhana diperoleh nilai Thitung lebih besar dari > T tabel yaitu Thitung sebesar 4,036, dan nilai Ttabel sebesar 2,10092. Besar R yaitu 0,689 dan terletak antara ≥ 0,40 - < 0,70. Hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh tahfidz Qur’an terhadap kecerdasan visual-spasial siswa atau tingkat keeratan variabel tahfidz Qur’an terhadap variabel kecerdasan visual-spasial adalah berada dalam kategori sedang. Jika dipersentasekan sebesar 68,9%, sedangkan 31,1% dipengaruhi oleh variabel lain.Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dan adanya pengaruh yang signifikan antara intensitas tahfidz Qur’an dengan kecerdasan visual-spasial siswa MI Roudlotul Ulum Jabalsari, Sumbergempol, Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173183 Niken Puji Rahayu |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 04:17 |
Last Modified: | 25 Aug 2021 04:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21196 |
Actions (login required)
View Item |