Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung

Musrikah, Musrikah (2014) Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (687kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Prestasi Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar beberapa siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Karangsono, Ngunut, Tulungagung dalam pembelajaran Matematika yang masih rendah terutama pada pokok bahasan pengurangan bilangan bulat. Hal ini disebabkan karena siswa sulit sehingga bosan dan tidak menyukai mata pelajaran matematika yang selalu menuntut untuk terus berfikir dan berhitung. Selain itu juga karena kegiatan pembelajaran di kelas yang dilakukan masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru, guru kurang kreatif dan inofatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif untuk mengikuti proses pembelajaran. Hal ini berimbas pada prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw adalah model pembelajaran kelompok yang yang menekankan pada keaktifan siswa dan kerjasama antar siswa dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan model Kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Matematika materi Pengurangan bilangan bulat kelas IV Semester Genap tahun ajaran 2013-2014 MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Pengurangan bilangan bulat kelas IV Semester Genap tahun ajaran 2013-2014 MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut setelah diterapkan model Kooperatif tipe Jigsaw ? Tujuan dalam penulisan skripsi ini, yaitu (1) Mendeskripsikan penerapan model Kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Matematika materi Pengurangan bilangan bulat kelas IV Semester Genap di MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung. (2) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Matematika materi Pengurangan bilangan bulat kelas IV Semester Genap di MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung setelah diterapkan model Kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Proses pelaksanaan penelitian ini meliputi: 1) tahap perencanan (plan), 2) tahap pelaksanaan (act), 3) tahap observasi (observe), dan 4) tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI Miftahul Huda Karangsono, Ngunut, Tulungagung. Sedangkan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi digunakan untuk menggali data xxii tentang proses pembelajaran Matematika, keadaan siswa dan guru, dan respon siswa selama proses pembelajaran. Setelah peneliti mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, akhirnya dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada siswa kelas IV MI Miftahul Huda Karangsono, Ngunut, Tulungagung. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari tes awal hingga tes akhir siklus II yaitu, nilai rata - rata siswa pada saat tes awal (27,69), dengan persentase ketuntasan belajar (7,4%), tes akhir siklus I (57,59), dengan persentase ketuntasan belajar (48,14%), tes akhir siklus II (76,11), dengan persentase ketuntasan belajar (81,84%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika pokok bahasan pengurangan bilangan bulat siswa kelas IV MI Miftahul Huda Karangsono, Ngunut, Tulungagung tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 01 Dec 2014 07:54
Last Modified: 01 Dec 2014 07:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item