PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM FATAHILLAH KABUPATEN MALANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NANDA PERMATASARI, 12204173115 (2021) PENGARUH MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM FATAHILLAH KABUPATEN MALANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (585kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Fatahillah Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Nanda Permatasari, NIM. 12204173115, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Motivasi, Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar Dalam belajar, sesorang dikatakan berhasil atau tidak dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar diantaranya yaitu motivasi dan kedisiplinan belajar yang dimiliki siswa. Motivasi adalah suatu usaha sesorang yang bersumber baik dari dalam atau luar individu itu sendiri untuk mencapai tujuan yang diinginkan melalui perbuatannya. Kedisiplinan belajar adalah kesadaran untuk belajar secara teratur dan tertib dengan penuh tanggungjawab tanpa ada paksaan dari siapapun. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Fatahillah Kabupaten Malang. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Fatahillah Kabupaten Malang. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Fatahillah Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Fatahillah Kabupaten Malang dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Serta analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Fatahillah Kabupaten Malang. (2) Ada pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Fatahillah Kabupaten Malang. (3) Ada pengaruh motivasi dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Islam Fatahillah Kabupaten Malang dengan nilai Fhitung(32,205) > Ftabel(3,68) dan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05, serta memberikan pengaruh sebesar 81,1%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Permatasari Nanda
Date Deposited: 20 Aug 2021 07:38
Last Modified: 20 Aug 2021 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21206

Actions (login required)

View Item View Item