PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MASTULA ZANUS MUTHOHAROH, 12205173123 (2021) PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (782kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mastula Zanus Muthoharoh, NIM 12205173123. Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Selama Pandemi Covid-19 di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO Kata kunci : Peran Guru, Pembelajaran Tematik, Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan implementasi Kurikulum 13,ditandai dengan adanya peran guru dalam pembelajaran tematik yaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, namun adanya pandemi covid 19 membuat peran guru menjadi terbatas. Walaupun terbatas guru harus tetap mempersiapkan apa yang dibutuhkan untuk bekal mengajar dikelas online dengan memanfaatkan media gadget sebagai sarana belajar. Peran guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik selama pandemi covid-19 dengan menjalin komunikasi yang aktif dengan peserta didik guna membangkitkan semangat belajar peserta didik serta memfasilitasi kegiatan pembelajaran tematik selama pandemi covid-19. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru sebagai komunikator dalam pembelajaran tematik selama pandemi covid-19 di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. (2) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran tematik selama pandemi covid-19 di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. (3) Bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran tematik selama pandemi covid 19 di MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya dari Kepala MI, Guru kelas 5, Siswa kelas 5. Teknik pengumpulan data menggunakan obeservasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data diawali dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini antara lain. Pertama, peran guru sebagai Komunikator dalam pembelajaran tematik selama pandemi covid-19 meliputi (a) penyampaian pesan kepada peserta didik mengenai prosedur pelaksanaan pembelajaran tematik selama pandemi mulai tahap penyampaian materi, penugasan dan pengumpulan tugas (b) penyampaian pesan kepada sesama guru berupa penyampaian seputar peserta didik, dan konsep pembelajaran tematik selama pandemi. Kedua, peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran tematik selama pandemi covid-19 meliputi (a) menyampaikan tujuan belajar, adanya apresepsi dalam pembelajaran jarak jauh ini menyadarkan siswa pentingnya belajar. (b) membuat susasana belajar yang menyenangkan, dengan metode pembelajaran yang bervariasi (c) pemberian reward, dalam bentuk verbal maupun benda. Ketiga, peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran pembelajaran tematik selama pandemi covid-19 meliputi (a) memahami perbedaan individual, memahami latarbelakang setiap peserta didik (b) memaksimalkan sumber belajar dan media pembelajaran, memanfaatkan sumber belajar berupa LKS tematik sedangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran (c) memenuhi kebutuhan perkembangan diri peserta didik, anjuran melakukan kegiatan positif selama pandemi serta guru bersedia menjadi konselor bagi peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173123 MASTULA ZANUS MUTHOHAROH
Date Deposited: 23 Aug 2021 02:30
Last Modified: 23 Aug 2021 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21220

Actions (login required)

View Item View Item