PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN

FIDA SHOFI SALSABILA, 12205173080 (2021) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Online di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan” ditulis oleh Fida Shofi Salsabila, NIM 12205173080, pembimbing Bapak Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya teori yang mengatakan bahwa perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar siswa dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Perhatian orang tua sangat besar pengaruhnya terhadap kedisiplinan yang telah ditanamkan orang tua sejak kecil yang nantinya dapat mempengaruhi keberhasilan anak. Seperti yang terjadi di masa pandemi ini pembelajaran dilakukan dengan online, sehingga sangat membutuhkan perhatian orang tua yang lebih ditingkatkan lagi dalam membimbing dan mengawasi anak agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik yang nantinya bisa mempengaruhi hasil belajar siswa dan bisa menumbuhkan sikap disiplinnya, karena kedisiplinan belajar yang telah ditanamkan orang tua pada diri siswa juga bisa mempengaruhi hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran online di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur? (2) Adakah pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran online di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur? (3) Adakah pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran online di MI Tarbiyatul Islmiyah Tenggur?. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran online di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur. (2) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran online di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur. (3) Untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran online di MI Tarbiyatul Islmiyah Tenggur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I-VI MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VA dan VB yang berjumlah 51 siswa, untuk teknik samplingnya menggunakan purposive sampling. Analisi data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, uji t, dan uji regresi linier berganda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat perhatian dan kedisiplinan belajar siswa, sedangkan metode dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh data sekolah dan data hasil belajar siswa selama pembelajaran online.Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa (1) Ada pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran online di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai t hitung 2,433 > t tabel 2,010 dan signifikansi 0,019 < 0,05. (2) Ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran online di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai t hitung 2,238 > 2,010 dan signifikansi 0,030 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran online di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai F hitung 5,450 > F tabel 3,187 dan signifikansi 0,007 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173080 FIDA SHOFI SALSABILA
Date Deposited: 23 Aug 2021 02:26
Last Modified: 23 Aug 2021 02:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21221

Actions (login required)

View Item View Item