IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS E-LEARNING MADRASAH DALAM MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MIN 14 BLITAR PADA ERA PANDEMI COVID-19

YUNITA, 12205173069 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS E-LEARNING MADRASAH DALAM MATA PELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MIN 14 BLITAR PADA ERA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (793kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (240kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis E Learning Madrasah dalam Mata Pelajaran Tematik Kelas V di MIN 14 Blitar Pada Era Pandemic COVID-19” ini ditulis oleh Yunita, NIM. 12205173069, pembimbing: Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Daring, E-Learning Madrasah Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya fenomena yang terjadi di seluruh dunia khususnya di Indonesia, yaitu perubahan pembelajaran yang semula tatap muka menjadi pembelajaran daring dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Pemerintah memberlakukan kebijakan pembelajaran daring dengan pertimbangan untuk memperlambat perluasan penyebaran COVID-19. Penerapan pembelajaran daring ini memberikan peluang bagi guru untuk meningkatkan peranannya dalam memberikan pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada. Pemanfaatan teknologi ini memiliki peran penting dalam dunia pendidikan terlebih saat pembelajaran jarak jauh salah satunya dengan menggunakan platform E-Learning Madrasah. Fokus dari penelitian ini, meliputi : (1) Bagaimana desain perencanaan pembelajaran daring berbasis e-learning madrasah dalam mata pelajaran tematik kelas V di MIN 14 Blitar, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring berbasis e-learning madrasah dalam mata pelajaran tematik kelas V di MIN 14 Blitar, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran daring berbasis e-learning madrasah dalam mata pelajaran tematik kelas V di MIN 14 Blitar. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang penerapan pembelajaran daring berbasis e-learning madrasah pada mata pelajaran tematik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terkait hal-hal yang ditemui oleh guru di MIN 14 Blitar dalam menerapkan pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan di MIN 14 Blitar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data berupa sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik secara interaktif dari model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mendapatkan data yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya yaitu menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian di MIN 14 Blitar peneliti menyimpulkan : (1) perencanaan pembelajaran guru telah membuat berbagai perangkat pembelajaran dengan mengacu pada pedoman yang ada, meliputi : silabus, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), model pembelajaran, bahan ajar, dan instrument asesmen. Namun RPP yang digunakan hanya RPP satu lembar dengan memuat 3 komponen yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian. (2) pada pelaksanaan pembelajaran, guru sebelumnya sudah mempesiapkan pembelajaran. Kegiatan pelaksanaan dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu : kegiatanawal, kegiatan inti, dan kegiatan penutupan. Kegiatan inti ini guru tetap menerapkan pmbelajaran dengan menggunakan pembelajaran saintifik. Namun terkadang guru masih belum menerapkannya dikarenakan situasi dan kondisi yang terbatas. (3) evaluasi pembelajaran daring ini guru menggunakan penilaian autentik. Penilaian ini mengacu pada tiga ranah, yaitu : afektif, kognitif, dan psikomotor yang disesuaikan pada kompetensi inti. Pembelajaran daring menngunakan e-learning ini mengutamakan penilaian pada KI-3 (kognitif) dan KI-4 (psikomotor). Pelaksanaan evaluasi dilaksanakan setiap akhir pembelajaran. Tindak lanjut setelah penilaian yaitu dengan memberikan soal pengayaan atau remedial sampai nilai diatas KKM.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173069 YUNITA
Date Deposited: 23 Aug 2021 02:22
Last Modified: 23 Aug 2021 02:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21222

Actions (login required)

View Item View Item