STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBIASAAN DI MTSN 2 BLITAR

TRI MULYANI WIDYASTUTI, 12201173008 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBIASAAN DI MTSN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (226kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “ Strategi Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Dhuha Berjamaah Peserta Didik melalui Metode Pembiasaan” ini ditulis oleh Trimulyani Widyastuti, NIM 12201173008, dibimbing oleh Mohammad Jafar As-Shodiq, M.Pd.I. Kata kunci : Strategi Guru, Kedisiplinan, Pembiasaan Kedisiplinan siswa dalam melaksanakan shalat yang rendah, banyaknya siswa yang masih ringan untuk meninggalkan shalat dan masih sedikit yang bisa mengerjakan shalat wajib maupun shalat sunah. Padahal shalat merupakan kewajiban bagi umat islam. Peningkatan kedisiplinan shalat dapat dilakukan dengan melalui metode pembiasaan. Hal ini dilakukan guru agar siswa mempunyai kesadaran diri dan terbiasa untuk melaksanakan kewajiban tersebut. Sebagaimana yang dilakukan guru di MTsN 2 Blitar ini dengan membiasakan siswa-siswinya dengan shalat dhuha berjamaah. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah peserta didik melalui metode pembiasaan di MTsN 2 Blitar, (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah peserta didik melalui metode pembiasaan di MTsN 2 Blitar, (3) Bagaimana evaluasi guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah peserta didik di MTsn 2 Blitar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk menjelaskan perencanaan guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah peserta didik melalui metode pembiasaan di MTsN 2 Blitar, (2) Untuk menjelaskan pelaksanaan guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah peserta didik melalui pembiasaan di MTsN 2 Blitar, (3) Untuk menjelaskan evaluasi guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah peserta didik melalui metode pembiasaan di MTsN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, ketekunan, pengamatan, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah peserta didik melalui metode pembiasaan yaitu dengan adanya kerja sama antara guru dan orang tua, keteladanan dari guru, dan konsisten dalam menerapkan peraturan. (2) pelaksanaan guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah peserta didik melalui metode pembiasaan yaitu dengan metode pembiasaan, kegiatan yang telah direncanakan dilakukan secara berulang-ulang setiap hari, metode hukuman dilakukan agar siswa yang melanggar peraturan menjadi tertib dan tidak mengulangi kesalahannya lagi. (3) Evaluasi guru dalam meningkatkan kedisiplinan shalat dhuha berjamaah peserta didik melalui metode pembiasaan yaitu dengan pengawasan, melakukan pengamatan secara langsung setiap hari terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan seperti pengawasan dari segi kehadiran, kesungguhan dalam melaksanakan, dan pengawasan kepada hasil dari pembiasaan yang dilakukan. Dan melakukan evaluasi terhadap dampak positif yang terjadi kepada peserta didik dengan adanya kegiatan tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Fiqih > Ibadah Sunnah
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173008 trimulyani
Date Deposited: 23 Aug 2021 02:48
Last Modified: 23 Aug 2021 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21225

Actions (login required)

View Item View Item