PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN 2 BLITAR

LIVIA ANINDA PUTRI, 12201173331 (2021) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (757kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Media Audio Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 2 Blitar” ditulis oleh Livia Aninda Putri, 12201173331, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Tulunggung, pembimbing Dr. Muhammad Zaini, M.A Kata Kunci: Media Audio Visual, Motivasi dan Hasil Belajar Latar Belakang dalam penelitian ini pembelajaran yang hanya berpusat pada guru serta kebanyakan hanya menggunakan metode ceramah dan tidak ada penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi pembelajaran khususnya pada mata pelajaran fiqih dalam materi haji. Kurangnya motivasi atau keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sehingga dalam pembelajarn siswa banyak yang bosan dan mengantuk dan menyebabkan siswa kurang faham terhadap materi yang disampaikan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) adakah pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Blitar tahun pelajaran 2020/2021?. 2) adakah pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Blitar tahun pelajaran 2020/2021?. 3) adakah pengaruh media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Blitar tahun pelajaran 2020/2021?. Tujuan dalan penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan pengaruh media audio visual terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Blitar tahun pelajaran 2020/2021. 2) Untuk menjelaskan pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Blitar tahun pelajaran 2020/2021. 3) untuk menjelaskan pengaruh media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Blitar tahun pelajaran 2020/2021 Metode penelitiain ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adala penelitian eksperimen (Quasi Eksperimen). Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel bebasnya adalah media audio visual pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Blitar dan variabel terikatnya motivasi belajar dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Blitar yang berjumlah 310 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data awal menggunakan uji validitas dan uji reabilitas, sedangkan analisis data akhir menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T, dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa 1) Adanya pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Blitar tahun pelajaran 2020/2021. Hasil perhitingan tesebut berdasarkan uji T, untuk motivasi belajar diperoleh nilai Sig. Sebesar 0,000. Nilai Sig < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. 2) Adanya pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Blitar tahun pelajaran 2020/2021. Hasil tersebut perhitungan tersebut berdasarkan uji T, untuk hasil belajar diperoleh nilai Sig. Sebesar 0,000. Nilai Sig < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. 3) Ada pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTsN 2 Blitar tahun pelajaran 2020/2021. Hasil perhitungan tersebut berdasarkan uji Manova, untuk motivasi dan hasil belajar diperoleh nilai Sig. Sebesar 0,000. Nilai Sig < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Livia Aninda Putri
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:05
Last Modified: 23 Aug 2021 03:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21232

Actions (login required)

View Item View Item