STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI TPQ MIFTAHUL HUDA BALONGREJO BADAS KEDIRI

NANIK SHOLEHAH, 12201173005 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DI TPQ MIFTAHUL HUDA BALONGREJO BADAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (669kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (596kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Miftahul Huda Balongrejo Badas Kediri” ini ditulis oleh Nanik Sholehah, NIM. 12201173005, pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci: Strategi Guru, Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an, TPQ Tingkat kemampuan seseorang membaca Al-Qur’an terletak pada bagaimana dia belajar dan metode apa yang dia gunakan. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah ini dengan strategi yang digunakan oleh guru yang mengajarkan tata cara membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Balongrejo Badas Kediri. Oleh karena itu pendidik memiliki peranan penting dalam keberhasilan peserta didik dalam belajar membaca Al-Qur’an. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana metode guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Balongrejo Badas Kediri? (2) Bagaimana media guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Balongrejo Badas Kediri? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Balongrejo Badas Kediri? Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan metode guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Balongrejo Badas Kediri (2) untuk mendeskripsikan media guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Balongrejo Badas Kediri (3) untuk mendeskripsikan evaluasi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Balongrejo Badas Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif studi kasus. Lokasi penelitian ini terletak di TPQ Miftahul Huda Balongrejo Badas Kediri. Data yang peneliti dapatkan adalah dari pengasuh TPQ, Ustadzah TPQ, dan santri. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajiann data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa: berdasarkan paparan data dan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa; 1) Metode guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Balongrejo Badas Kediri adalah dengan menggunakan metode Iqra’ dan kebijakan sorogan, alas an penggunaan metode Iqra’ adalah karena metode Iqra’ merupakan metode yang mudah dipelajari dan disebarkan, serta tidak memberatkan siapapun. Kemudian alas an diterapkan kebijakan sorogan adalah menjaga kualitas bacaan Al-Qur’an santri dan menanamkan pada diri santri sikap suka membaca Al-Qur’am. 2) Media guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Balongrejo Badas Kediri adalah menggunakan media Buku Iqra’ dan Al-Qur’an. 3) Evaluasi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Miftahul Huda Balongrejo Badas Kediri adalah dengan melaksanakan dua jenis evaluasi yakni evaluasi santri. Evaluasi peserta didik atau santri yang mana setiap akhir jilid sanri harus di tes terlebih dahulu bacaan Al-Qur’annya apakah sudah benar-benar memenuhi kriteria untuk lebih lanjut ke jilid selanjutnya apa belum. Hal ini dilakukan supaya tidak memberatkan santri kedepannya jika memang dirasa belum waktunya lulus jilid tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Pendidikan Islam > TPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173005 Nanik Sholehah
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:01
Last Modified: 02 Nov 2021 02:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21234

Actions (login required)

View Item View Item