ILHAMI KHAIRINA, 12205173247 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISIONS) PADA SISWA KELAS V DI SDI BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (4MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Melalui Model STAD (Student Teams Achievment Divisions) Pada Siswa Kelas V di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Ilhami Khairina, NIM 12205173247, pembimbing Zainudin. S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Keaktifan Belajar, Model STAD. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya keaktifan belajar pada siswa. Pada akhirnya memengaruhi tingkat kecerdasan siswa. Upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan keaktifan belajar pada siswa yaitu guru menerapkan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievment Divisions). Fokus penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana perencanaan model STAD (Student Teams Achievment Divisions) untuk menumbuhkan keaktifan belajar pada siswa kelas V di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung ? (2) Bagaimana pelaksanaan model STAD (Student Teams Achievment Divisions) untuk menumbuhkan keaktifan belajar pada siswa kelas V di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi model STAD (Student Teams Achievment Divisions) untuk menumbuhkan keaktifan belajar pada siswa kelas V di SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi pasif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), display data (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam penelitian, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan model STAD untuk menumbuhkan keaktifan belajar pada siswa kelas V yaitu mempersiapkan komponen-komponen dalam pembelajaran seperti silabus, RPP, bahan ajar, buku absensi, buku jurnal, buku penilaian, dan media pembelajaran. (2) pelaksanaan model STAD untuk menumbuhkan keaktifan belajar pada siswa yaitu melalui langkah-langkah sebagai berikut: 1) penyampaian tujuan dan motivasi, 2) pembagian kelompok, 3) presentasi guru, 4) kegiatan kerja sama tim, 5) kuis, 6) pemberian penghargaan tim. (3) evaluasi model STAD untuk menumbuhkan keaktifan belajar pada siswa kelas V ialah menumbuhkan keaktifan siswa yang awalnya pasif menjadi aktif, keaktifan siswa meliputi keaktifan yang berdambak positif seperti meningkatnya pemahaman siswa terkait materi yang disampaikan melalui model STAD, sedangkan kekurangannya kelas menjadi tidak kondusif dikarenakan siswa yang sulit dikondisikan dan dapat mengganggu kelas lainnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205173247 ILHAMI KHAIRINA |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 03:05 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21235 |
Actions (login required)
View Item |