KARAKTERISTIK BERPIKIR ANALITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII-G SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ)

RIZKI PUJI LESTARI, 12204173016 (2021) KARAKTERISTIK BERPIKIR ANALITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII-G SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (638kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (501kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Rizki Puji Lestari. 12204173016, 2021.Karakteristik Berpikir Analitis Dalam Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII-GSMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Karakteristik Berpikir Analitis, Pemecahan Masalah, Adversity Quotient, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Berpikir analitis merupakan model berpikir yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir analitis adalah kemampuan berpikir untuk menguraikan, memperinci, dan menganalisis informasi guna memahami menggunakan akal dan pikiran yang logis. Setiap siswa tentu memiliki karakteristik berpikir analitis yang berbeda. Karakteristik berpikir analitis terdiri dari pra analitis, analitis parsial, semi analitis, dan analitis. Karakteristik berpikir analitis dapat dilihat ketika siswa memecahkan suatu masalah. Adversity Quotient (AQ) dianggap memiliki peranan penting dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik berpikir analitis dalam pemecahan masalah siswa yang memiliki tingkatan AQ tipe Quitters, Campers, dan Climbers. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dilaksanakan di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembagian angket untuk memperoleh data tingkat AQ siswa, tes pemecahan masalah pada materi SPLDV, dan wawancara untuk mendalami karakteristik berpikir analitis subjek yang terdiri dari 2 siswa Quiters, 2 siswa Campers, dan 2 siswa Climbers. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1.) Karakteristik berpikir analitis siswa Quiters adalah analitis pada tahap memahami masalah, semi analitis pada tahap menyusun rencana penyelesaian, analitis parsial pada tahap menjalankan rencana dan melihat kembali. Siswa Quiters menggunakan pengoperasian yang bertentangan dengan kaidah matematika, serta membuatkesimpulan tidak berdasarkan teori pada langkah-langkah yang dituliskannya. 2.)Karakteristik berpikir analitis siswa Campers adalah analitis pada tahap memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian, semi analitis pada tahap menjalankan rencana serta analitis parsial pada tahap melihat kembali. Terdapat langkah-langkah yang dilakukan siswa Campers yang justru menimbulkan elemen pengganggu. 3.) Karakteristik berpikir analitis siswa Climbers adalah analitis pada tahap memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menjalankan rencana serta melihat kembali. Siswa Climbers mampu menggunakan strategi tanpa elemen pengganggu dan pembelokan arah berpikir. Serta mampu menjelaskan jawaban dengan sangat terperinci dan teratur.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173016 Rizki Puji Lestari
Date Deposited: 23 Aug 2021 03:13
Last Modified: 23 Aug 2021 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21241

Actions (login required)

View Item View Item