RIZKI PUJI LESTARI, 12204173016 (2021) KARAKTERISTIK BERPIKIR ANALITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) SISWA KELAS VIII-G SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (740kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (368kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (638kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (207kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (501kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (100kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (327kB) | Preview |
Abstract
Rizki Puji Lestari. 12204173016, 2021.Karakteristik Berpikir Analitis Dalam Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII-GSMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci : Karakteristik Berpikir Analitis, Pemecahan Masalah, Adversity Quotient, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Berpikir analitis merupakan model berpikir yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir analitis adalah kemampuan berpikir untuk menguraikan, memperinci, dan menganalisis informasi guna memahami menggunakan akal dan pikiran yang logis. Setiap siswa tentu memiliki karakteristik berpikir analitis yang berbeda. Karakteristik berpikir analitis terdiri dari pra analitis, analitis parsial, semi analitis, dan analitis. Karakteristik berpikir analitis dapat dilihat ketika siswa memecahkan suatu masalah. Adversity Quotient (AQ) dianggap memiliki peranan penting dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik berpikir analitis dalam pemecahan masalah siswa yang memiliki tingkatan AQ tipe Quitters, Campers, dan Climbers. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dilaksanakan di SMPN 3 Kedungwaru Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembagian angket untuk memperoleh data tingkat AQ siswa, tes pemecahan masalah pada materi SPLDV, dan wawancara untuk mendalami karakteristik berpikir analitis subjek yang terdiri dari 2 siswa Quiters, 2 siswa Campers, dan 2 siswa Climbers. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1.) Karakteristik berpikir analitis siswa Quiters adalah analitis pada tahap memahami masalah, semi analitis pada tahap menyusun rencana penyelesaian, analitis parsial pada tahap menjalankan rencana dan melihat kembali. Siswa Quiters menggunakan pengoperasian yang bertentangan dengan kaidah matematika, serta membuatkesimpulan tidak berdasarkan teori pada langkah-langkah yang dituliskannya. 2.)Karakteristik berpikir analitis siswa Campers adalah analitis pada tahap memahami masalah dan menyusun rencana penyelesaian, semi analitis pada tahap menjalankan rencana serta analitis parsial pada tahap melihat kembali. Terdapat langkah-langkah yang dilakukan siswa Campers yang justru menimbulkan elemen pengganggu. 3.) Karakteristik berpikir analitis siswa Climbers adalah analitis pada tahap memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, menjalankan rencana serta melihat kembali. Siswa Climbers mampu menggunakan strategi tanpa elemen pengganggu dan pembelokan arah berpikir. Serta mampu menjelaskan jawaban dengan sangat terperinci dan teratur.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173016 Rizki Puji Lestari |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 03:13 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 03:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21241 |
Actions (login required)
View Item |