PAPI DELVI HUSNANELI, 12201173435 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP SPIRITUAL SISWA DI SMK NEGERI 01 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (447kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (513kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Sikap Spiritual siswa di SMK Negeri 01 Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Papi Delvi Husnaneli dibimbing oleh: Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag Kata Kunci : Peran, Guru PAI, Sikap Spiritual Pendidikan adalah usaha sadar terencana untuk muwujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa siswinya secara aktif mengembangkan potensi diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlakukannya, masyarakat, bangsa dan negara. Adanya pengaruh teknologi canggih, derasnya arus globalisasi, berdampak negative pada siswa. Sehingga siswa kurang antusias terhadap mata pelajaran PAI, terkadang meremehkan dalam pembelajarannya. Siswa melalui pelajaran PAI peran guru sebagai Pendidik, Motivator dan Fasilitator dapat membentuk kepribadian pada diri yang tercemin dalam tingkah laku, agar taat beribadah, jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli dan percaya diri dan mengembangkan sikap spiritual siswa. Fokus penelitian ini 1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Pendidik dalam mengembangkan sikap spiritual siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung? 2) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator dalam mengembangkan sikap spiritual siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung? 3) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Fasilitator dalam mengembangkan sikap spiritual siswa di SMK Negeri 1 Bandung Tulungagung? Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan kualitatif jenis penelitian fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan pengamatan, triangulasi, perpanjangan kehadiran, pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dalam mengembangkan sikap spiritual siswa yaitu sangat baik, seperti pembiasaan sikap spiritual sholat dhuha, sebelum dan sesudah pelajaran berdo’a terlebih dahulu, sholat dzuhur berjamaah, perlombaan kegiatan rutin sekolah, memiliki pribadi tanggungjawab, kewibawaan, kemandirian dan disiplin. 2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam mengembangkan sikap spiritual siswa yaitu baik, akan lebih baik lagi sikap spiritual ada kerjasama dari dorongan keluarga dan lingkungan masyarakat. 3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam mengembangkan sikap spiritual siswa yaitu baik, bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam memberikan fasilitas ruang dan waktu untuk melaksanakan sholat dhuha, pembelajaran daring memfasilitasi berupa kouta internet dan tablet, membantu sekelompok diskusi kecil. Hal terbaik dalam mengembangkan sikap spiritual siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173435 Papi Delvi Husnaneli |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 03:39 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 03:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21259 |
Actions (login required)
View Item |