PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATRIF JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs AL MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR

MIFTAKHUR ROHMAH ADAWIYAH, 12201173378 (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATRIF JIGSAW TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs AL MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (873kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (657kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (366kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Miftakhur Rohmah Adawiyah, NIM. 12201173378, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Minat Belajar dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar sangatlah berpengaruh pada minat dan hasil belajar siswa. Apabila minat siswa dalam belajar rendah, maka hasil belajar siswa juga menurun. Faktanya banyak guru yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional, misalnya model ceramah ataupun tanya jawab. Hal inilah yang menjadi penyebab rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Maka untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw, karena model pembelajaran ini menekankan siswa untuk bekerjasama antar temannya dan melatih siswa untuk bertanggung jawab, serta dapat meningkatkan keaktifan siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw maka dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar?. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar? (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 159 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 62 yang dibagi menjadi 2 yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji prasyarat hipotesis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Berdasarkan analisis Uji T diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Berdasarkan Uji T diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. (3) Ada pengaruh yang signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs Al Muslihuun Tlogo kanigoro Blitar. Berdasarkan uji .Manova, nilai signifikansi diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173378 Miftakhur Rohmah Adawiyah
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:02
Last Modified: 23 Aug 2021 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21265

Actions (login required)

View Item View Item