WIWIS BACHTIAR, 12204173236 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING MODEL WEB CENTRIC COURSE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII DI MTsN 1 KOTA BLITAR PADA MATERI SPLDV. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (725kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (419kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (226kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (869kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (603kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (514kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (126kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (363kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran E-learning Model Web Centric Course terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Wiwis Bachtiar, NIM. 12204173236, Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dosen pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : E-learning Web Centric Course, Berpikir Kreatif, Pemahaman Konsep. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa yang dipengaruhi oleh model pembelajaran yang kurang sesuai. Mereka cenderung merasa bosan dan kesulitan memahami pelajaran matematika yang bersifat abstrak karena guru yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut memungkinkan membuat siswa merasa bosan dan tidak tertarik terhadap pembelajaran. Sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran e-learning web centric course terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi persamaan linear dua variabel di MTsN 1 Kota Blitar tahun ajaran 2020/2021, 2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran e-learning web centric course terhadap berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi persamaan linear dua variabel di MTsN 1 Kota Blitar tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Quasi Eksperimen sedangkan rancangan penelitian ini menggunakan The Nonequivalent Pretest-Posttest One Group Design. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN 1 Kota Blitar. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran e-learning web centric course. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran e-learning web centric course terhadap pemahaman konsep dan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi persamaan linear dua variabel di MTsN 1 Kota Blitar tahun ajaran 2020/2021. Adapun teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Tes, (2) Angket (3) Dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji t-berpasangan dengan bantuan IBM SPSS Statistics 21 Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa : 1) ada pengaruh pembelajaran e-learning model web centric course terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variable. 2) ada pengaruh pembelajaran e-learning model web centric course terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173236 WIWIS BACHTIAR |
Date Deposited: | 23 Aug 2021 03:43 |
Last Modified: | 23 Aug 2021 03:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21267 |
Actions (login required)
View Item |