PENGARUH PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA MASA PANDEMI DI MI HIDAYATUL HIKMAH NGORO MOJOKERTO

NURUL ILMIAH, 12205173226 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA TERHADAP KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V PADA MASA PANDEMI DI MI HIDAYATUL HIKMAH NGORO MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Social Media terhadap Kedisiplinan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di MI Hidayatul Hikmah Ngoro Mojokerto pada Masa Pandemi”, ditulis oleh Nurul Ilmiah NIM. 12205173226 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Adi Wijayanto,S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO Kata kunci : Social Media, Kedisiplinan, dan Hasil Belajar Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan social media terhadap kedisiplinan dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang semakin maju, terutama dalam hal teknologi. Salah satu teknologi yang berkembang pesat adalah teknologi komunikasi, dimana semakin banyak alat baru yang memudahkan manusia dalam berkomunikasi, bekerja, maupun belajar di masa pandemi. Gadget merupakan salah satu perkembangan teknologi komunikasi yang saat ini hampir setiap orang memilikinya. Gadget saat ini memiliki banyak aplikasi seperti berbagai macam aplikasi social media. Social media selain memudahkan setiap orang dalam berkomunikasi, juga memiliki dampak negatif terhadap setiap orang terutama pada siswa. Hal ini perlu diantisipasi pihak kepala madrasah, guru, orang tua untuk mempunyai kebijakan tertentu dan lebih mengawasi siswa ketika bermain social media supaya meminimalisir dampak negatif dari penggunaan social media. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan social media terhadap kedisiplinan siswa kelas V di MI Hidayatul Hikmah Ngoro Mojokerto pada masa pandemi? (2) Adakah pengaruh penggunaan social media terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di MI Hidayatul Hikmah Ngoro Mojokerto pada masa pandemi? (3) Adakah pengaruh penggunaan social media terhadap kedisiplinan dan hasil belajar IPA siswa kelas V di MI Hidayatul Hikmah Ngoro Mojokerto pada masa pandemi? Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian korelasi dengan populasi sebesar 150 siswa kelas I sampai dengan kelas VI di MI Hidayatul Hikmah Ngoro Mojokerto dengan jumlah sampel yang diambil 15% dari keseluruhan populasi yaitu berjumlah 25 siswa. Variabel terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan social media serta variabel terikat yaitu kedisiplinan dan hasil belajar IPA siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya pengaruh penggunaan social media terhadap kedisiplinan siswa yang signifikan dengan bukti nilai r hitung > r tabel yaitu 0,439 > 0,396 pada taraf 5% untuk responden sejumlah 25 siswa (2) adanya pengaruh penggunaan social media terhadap hasil belajar siswa yang signifikan dengan bukti nilai r hitung > r tabel V yaitu 0,417 > 0,396 pada taraf 5% untuk responden sejumlah 25 siswa (3) adanya pengaruh penggunaan social media terhadap kedisiplinan dan hasil belajar siswa yang signifikan dengan bukti nilai sig. kurang dari 0,05 yaitu nilai 0,01, 0,01, 0,01, 0,01 < 0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173226 NURUL ILMIAH
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:38
Last Modified: 25 Aug 2021 07:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21342

Actions (login required)

View Item View Item