ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MAN 4 KEDIRI DALAM MEMAHAMI KONSEP BIOLOGI PADA MATERI PROTISTA

IRMA AZKY UMAMI, 12208173014 (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MAN 4 KEDIRI DALAM MEMAHAMI KONSEP BIOLOGI PADA MATERI PROTISTA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (18MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (729kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Analisis Kesulitan Belajar Siswa Man 4 Kediri Dalam Memahami Konsep Biologi Pada Materi Protista" ini ditulis oleh Irma Azky Umami, NIM. 12208173014, pembimbing Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Materi Konsep Protista Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan dan pemahaman siswa didalam memahami konsep suatu pembelajaran dan juga banyaknya siswa yang kurang mampu mencapai tujuan belajarnya atau dengan kata lain siswa tersebut tidak mendapatkan perubahan tingkah laku dengan apa yang diharapkan. Dengan hal ini peneliti memfokuskan mengenai tingkat kesulitan belajar biologi pada konsep protista dengan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri. Pertanyaan penelitian yang ada didalam penelitian skripsi kali ini adalah: (1) Bagaimanakah tingkat kesulitan belajar siswa MAN 4 Kediri dalam memahami konsep protista? (2) Faktor-faktor apa yang mempengaruhi tingkat kesulitan belajar siswa MAN 4 Kediri dalam memahami konsep protista?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk meganalisis tingkat kesulitan belajar siswa MAN 4 Kediri dalam memahami konsep protista. (2) untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kesulitan belajar siswa MAN 4 Kediri dalam memahami konsep protista. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Melalui penyebaran angket, tes soal, dan wawancara. Angket digunakan peneliti untuk mencari faktor-faktor apa yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar biologi pada konsep Protista. Tes soal digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi konsep protista. Sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui lebih dalam mengenai penyebab kesulitan siswa pada materi protista. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kesulitan belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 4 Kediri dikategorikan tinggi. Dengan analisa siswa tersebut mendapatkan hasil nilai tes soal dengan nilai 19-1 dengan frekuensi 6,25% yang termasuk dalam kategori tingkat kesulitan sangat tinggi, 39-20 dengan frekuensi 43,75% yang termasuk dalam kategori tingkat kesulitan tinggi, 59-40 dengan frekuensi 37,5% yang termasuk dalam kategori tingkat kesulitan sedang. 79-60 dengan frekuensi 12,5% yang termasuk dalam kategori tingkat kesulitan rendah Dan nilai 100-80 dengan frekuensi 0% dengan kategori tingkat kesulitan sangat rendah. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada konsep protista berasal dari faktor internal yaitu diri sendiri, berupa minat dan motivasi dengan presentase sebesar 26,14%. Faktor eksternal yaitu lingkungan masyarakat dengan presentase sebesar 25,00%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: S1 12208173014 IRMA AZKY UMAMI
Date Deposited: 25 Aug 2021 06:11
Last Modified: 25 Aug 2021 06:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21344

Actions (login required)

View Item View Item