PEMBELAJARAN ASWAJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK BLITAR

LUTFI NURUL MAHMUDAH, 12201173347 (2021) PEMBELAJARAN ASWAJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (493kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Aswaja dan Implikasinya terhadap Karakter Peserta Didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar” ditulis oleh Lutfi Nurul Mahmudah, NIM. 12201173347, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci : Pembelajaran Aswaja, Implikasi, Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peneliti yang melihat adanya keunikan dari MA Syekh Subakir Nglegok Blitar. Keunikan tersebut yaitu pelaksanaan pembelajaran aswaja di madrasah yang digunakan sebagai media pembentukan karakter. Pembelajaran aswaja merupakan mata pelajaran lokal yang hanya dimiliki oleh lembaga pendidikan dibawah naungan Ma’arif. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah :1) Bagaimana proses pembelajaran Aswaja di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar ?. 2) Bagaimana nilai-nilai karakter yang diajarkan melalui pembelajarn Aswaja di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar ?. 3) Bagaimana implikasi pembelajaran Aswaja terhadap karakter peserta didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan model Miles dan Huberman. Aktifitas analisa data ini meliputi : data reduction, data display, dan conclusion drawing atau verification. Terakhir, data tersebut akan dicek keabsahannya menggunakan Ketekunan atau keajegan pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah : 1) Proses Pembelajaran aswaja di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar yaitu menggunakan model pembelajaran saintific, menyesuaikan dengan tujuan RPP, serta mengajarkannya diluar pembelajaran kelas aswaja dalam bentuk organisasi dan kelas madin. 2) Nilai karakter yang diajarkan melalui pembelajarn Aswaja di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar adalah a) Nilai tasamuh (saling menghormati), b) Nilai tawasuth (toleransi), c) Nilai tawazun (seimbang), d) Nilai amar ma’ruf nahi munkar(perintah melakukan kebaikan dan mencegah kemungkaran). 3) Implikasi pembelajaran Aswaja terhadap karakter peserta didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar yaitu a) Peserta didik memiliki sikap sopan dan karkter islami, b) Peserta didik saling menghargai dan menghormati, c) Peserta didik memiliki sifat disiplin, d) Peserta didik memiliki sifat moderat atau seimbang, e) Peserta didik terbiasa mengamalkan akidah ahlussunah wal jamaah

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173347 LUTFI NURUL MAHMUDAH
Date Deposited: 27 Aug 2021 06:56
Last Modified: 27 Aug 2021 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21471

Actions (login required)

View Item View Item