LUTFI NURUL MAHMUDAH, 12201173347 (2021) PEMBELAJARAN ASWAJA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (493kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (349kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pembelajaran Aswaja dan Implikasinya terhadap Karakter Peserta Didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar” ditulis oleh Lutfi Nurul Mahmudah, NIM. 12201173347, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata Kunci : Pembelajaran Aswaja, Implikasi, Karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peneliti yang melihat adanya keunikan dari MA Syekh Subakir Nglegok Blitar. Keunikan tersebut yaitu pelaksanaan pembelajaran aswaja di madrasah yang digunakan sebagai media pembentukan karakter. Pembelajaran aswaja merupakan mata pelajaran lokal yang hanya dimiliki oleh lembaga pendidikan dibawah naungan Ma’arif. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah :1) Bagaimana proses pembelajaran Aswaja di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar ?. 2) Bagaimana nilai-nilai karakter yang diajarkan melalui pembelajarn Aswaja di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar ?. 3) Bagaimana implikasi pembelajaran Aswaja terhadap karakter peserta didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan model Miles dan Huberman. Aktifitas analisa data ini meliputi : data reduction, data display, dan conclusion drawing atau verification. Terakhir, data tersebut akan dicek keabsahannya menggunakan Ketekunan atau keajegan pengamatan dan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah : 1) Proses Pembelajaran aswaja di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar yaitu menggunakan model pembelajaran saintific, menyesuaikan dengan tujuan RPP, serta mengajarkannya diluar pembelajaran kelas aswaja dalam bentuk organisasi dan kelas madin. 2) Nilai karakter yang diajarkan melalui pembelajarn Aswaja di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar adalah a) Nilai tasamuh (saling menghormati), b) Nilai tawasuth (toleransi), c) Nilai tawazun (seimbang), d) Nilai amar ma’ruf nahi munkar(perintah melakukan kebaikan dan mencegah kemungkaran). 3) Implikasi pembelajaran Aswaja terhadap karakter peserta didik di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar yaitu a) Peserta didik memiliki sikap sopan dan karkter islami, b) Peserta didik saling menghargai dan menghormati, c) Peserta didik memiliki sifat disiplin, d) Peserta didik memiliki sifat moderat atau seimbang, e) Peserta didik terbiasa mengamalkan akidah ahlussunah wal jamaah
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah aliyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173347 LUTFI NURUL MAHMUDAH |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 06:56 |
Last Modified: | 27 Aug 2021 06:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21471 |
Actions (login required)
View Item |