STRATEGI PEMASARAN PRODUK MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS DI BMT PETA TULUNGAGUNG DAN BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG

TINA YUNI PRATIWI, 12401173031 (2021) STRATEGI PEMASARAN PRODUK MURABAHAH DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS DI BMT PETA TULUNGAGUNG DAN BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Produk Murabahah dalam Meningkatkan Profitabilitas di BMT PETA Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung” ini ditulis oleh Tina Yuni Pratiwi, Jurusan Perbankan Syariah, NIM 12401173031, Pembimbing Bapak Nur Aziz Muslim, M.H.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan dan pertumbuhan lembaga keuangan yang pesat. Produk murabahah ini sangat familiar di lembaga keuangan syariah, bahkan dalam prakteknya penggunaan akad murabahah ini hampir 7080% dibandingkan jasa yang lain. adanya strategi pemasaran diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk menggunakan produk murabahah di BMT PETA Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung sehingga dapat meningkatkan profitabilitas dan mempertahankan eksistensinya di masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran produk murabahahdalam meningkatkan profitabilitas di BMT PETA Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung?(2)Bagaimana dampak dari strategi pemasaran produk murabahahdalam meningkatkan profitabilitas di BMT PETA Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung?(3)Bagaimana hambatan dan solusi dari pelaksanaan strategi pemasaran produk murabahahdalam meningkatkan profitabilitas di BMT PETA Tulungagung dan BMT Pahlawan Tulungagung? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer maupun sekunder, data ini diperoleh peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan model kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi pemasaran produk murabahah yang dilakukan BMT PETA Tulungagung yaitu sosialisasi tatap muka, jemput bola dan publisitas. Strategi pemasaran produk murabahah yang dilakukan BMT Pahlawan Tulungagung yaitu sosialisasi tatap muka, mulut ke mulut, publisitas dan periklanan. Sedangkan dampak dari strategi pemasaran produk murabahah yaitu produk dikenal masyarakat, peningkatan jumlah anggota, keuntungan yang cepat. Sedangkan hambatan yang dihadapi berupa persaingan yang ketat dan kurangnya pengetahuan masyarakat, untuk mengatasi hal tersebut BMT PETA melakukan pendekatan kepada masyarakat, sedangkan BMT Pahlawan melakukan sosialisasi. Kata kunci: strategi pemasaran, produk murabahah, profitabilitas

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pembiayaan
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: S1 12401173031 TINA YUNI PRATIWI
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:08
Last Modified: 30 Aug 2021 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21488

Actions (login required)

View Item View Item