FALYA JUNAIDATIL QURROK, 12205173072 (2021) PENGUATAN VERBAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN DARING DI MIN 14 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (680kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (271kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (622kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (600kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (269kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (492kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penguatan Verbal dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V pada Pembelajaran Daring di MIN 14 Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021 ” ini ditulis oleh Falya Junaidatil Qurrok. NIM. 12205173072 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2021. Dosen Pembimbing: Rahmawati Mulyaningtyas, M.Pd., NIP. 198906122020122012. Kata Kunci : Penguatan Verbal, Motivasi Belajar Konteks penelitian didasari kurangnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran baik luring maupun daring. Dalam pembelajaran daring, intensitas pertemuan guru dengan siswa sangat terbatas sehingga memungkinkan terjadinya beberapa kendala seperti kurangnya motivasi belajar siswa. Hal ini selaras dengan karakteristik dan permasalahan siswa yang berbeda-beda. Maka untuk mengurangi fenomena tersebut diperlukan peran guru dan orang tua dalam pemberian penguatan verbal dalam pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk penguatan verbal yang dapat diberikan dalam meningkatkan motivasi belajar sistem daring siswa kelas V MIN 14 Blitar. 2. Untuk mendeskripsikan implikasi pemberian penguatan verbal dalam meningkatkan motivasi belajar daring siswa kelas V MIN 14 Blitar. 3. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pemberian penguatan verbal pada pembelajaran daring kelas V MIN 14 Blitar. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 14 Blitar yang terletak di wilayah Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan penelitian, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah 1. Bentuk penguatan verbal yang digunakan guru pada pembelajaran daring dibagi menjadi dua yaitu penguatan verbal positif dan negatif. Penguatan verbal diberikan melalui e-learning pada kolom feedback dan melalui whatsapp. Pemberian penguatan verbal melalui whatapp berupa pujian dan nasihat serta daftar nama siswa beserta hasil belajarnya sebagai bentuk penguatan positif maupun negatif. Guru turut melibatkan orang tua dalam pemberian penguatan verbal pada pembelajaran daring. 2. Implikasi dari pemberian penguatan verbal adalah siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran daring dibuktikan dari banyak siswa yang mengerjakan tugas dengan tepat dan kecenderungan memperoleh niltai yang maksimal. 3. Faktorpendukung dan penghambat dalam pemberian penguatan verbal ialah faktor internal berupa kesadaran dan minat siswa dalam belajar serta faktor eksternal berupa perhatian orang tua dalam mengawasi dan mendampingi pembelajaran daring. Saran penelitian ini adalah keaktifan guru dan siswa dalam pemberian penguatan verbal pada pembelajaran daring dapat ditingkatkan variasinya serta tepat sasaran sehingga motivasi serta antusias belajar siswa dapat ditingkatkan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205173072 FALYA JUNAIDATIL QURROK |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 02:52 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 02:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21512 |
Actions (login required)
View Item |