PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DI SMP NEGERI 1 GANDUSARI TAHUN AJARAN 2018/2019

NETI WAHYU HIDAYAH, 1724143278 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DI SMP NEGERI 1 GANDUSARI TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Materi Segiempat dan Segitiga di SMP Negeri 1 Gandusari Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Neti Wahyu Hidayah, NIM 1724143278, pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes., Ph. D. Kata Kunci : Investigasi Kelompok, Motivasi Siswa, Hasil Belajar, dan Segiempat dan Segitiga Matematika adalah salah satu ilmu yang memiliki peranan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya matematika tetaplah menjadi mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa. Persepsi siswa tersebut muncul dikarenakan kurangnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar untuk menumbuhkan motivasi siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah Investigasi Kelompok. Melalui strategi ini siswa dapat saling tukar pengetahuan dengan teman satu kelompoknya. Selain itu siswa juga akan lebih aktif saat pembelajaran matematika berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap motivasi siswa kelas VII materi segiempat dan segitiga di SMP Negeri 1 Gandusari. (2) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap hasil belajar siswa kelas VII materi segiempat dan segitiga di SMP Negeri 1 Gandusari. (3) ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII materi segiempat dan segitiga di SMP Negeri 1 Gandusari Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu: (1) tes, (2) angket, (3) dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gandusari dengan mengambil 2 sampel yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis data diketahui (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap motivasi siswa pada taraf signifikansi sebesar 0,001. (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap hasil belajar siswa pada taraf signifikasi sebesar 0,000. (3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada taraf signifikansi sebesar 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143278 NETI WAHYU HIDAYAH
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:25
Last Modified: 30 Aug 2021 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21524

Actions (login required)

View Item View Item