IBNU SYAMSUN NI'AM, 12201173369 (2021) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 2 NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (841kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (319kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X di MAN 2 Nganjuk” ini ditulis oleh Ibnu Syamsun Ni’am, NIM. 12201173369, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dita Hendriani, M.A. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar. Pemerintah berupaya mencegah penyebaran covid¬-19, dengan mengeluarkan peraturan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Tinggi Nomor 1 Tahun 2020 tentang kebijakan untuk menyelenggarakan seluruh pembelajaran secara jarak jauh dan kemudian untuk peserta didik disarankan agar belajar dari rumah masing-masing, termasuk di MAN 2 Nganjuk. Pembelajaran daring yang dilakukan dari rumah masing-masing dengan memanfaatkan teknologi (internet) tentunya akan membuat jenuh bagi peserta didik. Oleh karena itu guru perlu merumuskan strategi dalam pembelajaran daring yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik selama masa pandemi ini. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah rancangan program guru akidah akhlak dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X di MAN 2 Nganjuk? (2) Bagaimanakah pelaksanaan program guru akidah akhlak dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X di MAN 2 Nganjuk? (3) Bagaimanakah evaluasi pelaksanaan program guru akidah akhlak dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X di MAN 2 Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menerapkan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil Penelitian: (1) Rancangan program guru akidah akhlak dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik Kelas X di MAN 2 Nganjuk yaitu: a) Merumuskan tujuan pembelajaran, yaitu dengan mempermudah peserta didik dalam proses pembelajaran b) Strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan, yaitu Mempersingkat jam pelajaran yang sebelumnya dari pukul 07:00-14:30 WIB menjadi pukul 07:00-13:00 WIB, Memberikan bantuan kuota internet bagi peserta didik, Memberlakukan kurikulum darurat c) Sumber daya yang mendukung, yaitu guru sebagai pemberi ilmu pengetahuan, peserta didik sebagai penerima ilmu pengetahuan serta media d) Pemilihan sumber dan media belajar, yaitu menggunakan sumber belajar e-book dari Kemenag, sedangkan untuk media belajar menggunakan media Whatsapp, google form, live worksheet dan quiziz (2) Pelaksanaan program guru akidah akhlak dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X di MAN 2 Nganjuk yaitu: a) Kegiatan Pendahuluan, yaitu dengan mengucap salam, memeriksa daftar hadir dan memotivasi peserta didik b) Kegiatan Inti, yaitu adanya kegiatan eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi c) Kegiatan Penutup, yaitu memberikan evaluasi, memberikan informasi terhadap pertemuan yang akan datang, serta memberikan nasehat dan motivasi terhadap peserta didik (3) Evaluasi pelaksanaan program guru akidah akhlak dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X di MAN 2 Nganjuk, yaitu dengan mengaplikasikan evaluasi diagnostik, permasalahan yang ditemukan yaitu jaringan kurang baik, paket data cepat habis, metode dalam mengajar, pemilihan media belajar, serta pemberian tugas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173369 IBNU SYAMSUN NI'AM |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 06:50 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 06:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21526 |
Actions (login required)
View Item |