ERDIN WAHYU RAMADANI, 12201173280 (2021) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SMPN 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (405kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (196kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Karakter Religius Peserta didik di SMPN 1 Srengat Blitar”, ini ditulis oleh Erdin Wahyu Ramadani, NIM 12201173280, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Istitutut Agama Islam Negeri ( IAIN) Tulungagung, yang bimbing oleh. Dr. H. Nursamsu, M.Pd. NIP. 197802042009011003. Kata Kunci: Peran guru, Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius. Latar belakang ditulisnya penelitian ini adalah semakin menurunnya etika dan moral peserta didik dan semakin maraknya penyimpangan serta kenakalan pelajar. Dari hal tersebut mempunyai dampak rusaknya karakter religius peserta didik di Indonesia. Dalam membentuk karakter religius yang baik membutuhkan suatu proses, salah satu proses tersebut yaitu dengan pendidikan. Pendidikan Agama Islam itu sendiri merupakan salah satu aspek pelajaran yang bisa mengarahkan dan menuntun manusia atau pesera didik ke arah akhlak yang mulia dan mempunyai kepribadian karakter religius yang baik. Sehingga kecakapan dan peran guru Pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkan dalam membantu membentuk karakter religius peserta didik. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Karakter Religius Peserta didik melalui kegiatan Sholat Dhuha dan Sholat Dzuhur berjamaah di SMPN 1 Srengat Blitar ?, 2) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik melalui kegiatan Menghafal Al-Qur’an di SMPN 1 Srengat Blitar ?, 3) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik melalui kegiatan Tausiyah di SMPN 1 Srengat Blitar Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Religius peserta didik melalui kegiatan Sholat Dhuha dan Dzhuhur berjamaah di SMPN 1 Srengat Blitar, 2) Untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Religius peserta didik melalui Kegiatan menghafal Al-Qur’an di SMPN 1 Srengat Blitar, 3) Untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Religius peserta didik melalui Kegiatan Tausiyah di SMPN 1 Srengat Blitar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan beberapa Langkah yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran Guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karater religius melalui kegiatan Sholat Dhuha dan Sholat Dzuhur berjamaah ini berjalan dengan baik karena semua pihak ikut membantu kegiatan tersebut khususnya di saat sholat Dzuhur semua pihak dari wali kelas, ketua kelas, remaja masjid, guru pendidikan agama Islam, dan guru matkul lain ikut mendorong agar siswa yang muslim ikut melaksanakan sholat dzuhur berjamaah, dan berdasarkan data yang diperoleh disetiap akhir sholat ada absensi sholat agar peserta didik dapat disiplin dalam mengerjakan ibadah sholat tersebut. 2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik melalui kegiatan membaca dan menghafal Al-Qur’an di SMPN 1 Srengat ini sangat didukung dan di fasilitasi oleh pihak sekolah, dengan menambah mata pelajaran BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) dan mendatangkan tambahan guru mengaji untuk membantu guru pendidikan agama Islam dalam membantu peserta didik dalam membaca, menghafal dan menulis Al-Qur’an. 3) Peran Guru pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Karakter Religius melalui kegiatan Tausyiah, tausyiah ini sendiri tidak hanya diberikan di dalam kelas saat pembelajaran saja akan tetapi bisa dilaksanakan di luar kelas
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Bimbingan dan Konseling Islam > Kepribadian Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201173280 ERDIN WAHYU RAMADANI |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 06:46 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 06:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21560 |
Actions (login required)
View Item |