PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG

GALUH DWI IMASWARA, 12201173263 (2021) PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS DARUL HIKMAH TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (592kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah Tulungagung”. Ditulis oleh Galuh Dwi Imaswara, NIM 12201173263, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Reward, Punishment, Motivasi Belajar Motivasi belajar merupakan dorongan untuk menggerakkan peserta didik agar semangat dalam melakukan aktivitas belajar. Dalam Teori S-R bond, hadiah dan hukuman dapat digunakan untuk memperkuat dan melemahkan respons positif dan negatif. Pemberian reward dapat menimbulkan respons positif dan punishment akan menimbulkan respons negatif. Reward diberikan kepada peserta didik karena berhasil atau berprestasi, sedangkan punishment diberikan karena peserta didik melakukan pelanggaran. Pemberian reward dan punishment diharapkan mampu membantu peserta didik untuk menjaga motivasi belajarnya agar tujuan dari pembelajaran bisa tercapai secara optimal. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah Tulungagung? (2) Adakah pengaruh pemberian punishment terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah Tulungagung? (3) Adakah pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis datanya menggunakan statistik. Jenis penelitian ini adalah noneskperimental, yaitu korelasi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dengan instrumen skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan, yaitu teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik baik secara parsial maupun stimultan. Hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut.(1) Ada pengaruh yang signifikan antara reward dengan motivasi peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah Tulungagung yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi (0,12 < 0.05). (2) Ada pengaruh yang signifikan antara punishment dengan motivasi peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah Tulungagung yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi (0,000 < 0.05). (3) Ada pengaruh bersama-sama yang signifikan antara reward dan punishment terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah Tulungagung yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi (0,000 < 0,05).

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam
Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173263 Galuh Dwi Imaswara
Date Deposited: 30 Aug 2021 06:57
Last Modified: 30 Aug 2021 06:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21577

Actions (login required)

View Item View Item