ASNI FUROIDA, 17204163258 (2021) KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (338kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (54kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (251kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (516kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (886kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (228kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Kecemasan Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII SMP Islam Al Azhaar Tulungagung.”, ini ditulis oleh Asni Furoida, NIM. 17204163258, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Tulungagung yang dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Kecemasan Matematika, Memecahkan Masalah, Kemampuan Matematika Konteks penelitian dalam skripsi ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa yang berbeda-beda. Selain itu, muncul beberapa masalah ketika siswa mengerjakan soal. siswa dalam mengerjakan soal yang diberikan terdapat kesulitan. Hal ini disebabkan adanya kecemasan yang timbul, sehingga membuat siswa tidak bisa fokus mengerjakan soal, mendadak lupa dengan materi yang telah dipelajari dan kurang percaya diri dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kecemasan matematika siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal matematika kelas VIII SMP I Al Azhaar Tulungagung. (2) Mendeskripsikan kecemasan matematika siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal matematika kelas VIII SMP I Al Azhaar Tulungagung. (3) Mendeskripsikan kecemasan matematika siswa berkemampuan Rendah dalam menyelesaikan soal matematika kelas VIII SMP I Al Azhaar Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dimulai dengan melihat hasil siswa dalam mengerjakan soal ketika selesai proses pembelajaran oleh guru. Setelah itu mendapatkan subjek dengan 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah. Metode yang digunakan meliputi metode tes tulis, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kecemasan yang dialami siswa berkemampuan tinggi adalah kecemasan dengan reaksi afektif 2) kecemasan yang dialami siswa berkemampuan sedang pertama adalah kecemasan dengan reaksi afektif. kecemasan yang dialami siswa berkemampuan sedang kedua adalah kecemasan dengan reaksi fisologis , kognitif, dan afektif. 3) kecemasan yang dialami siswa berkemampuan rendah pertama adalah kecemasan dengan reaksi reaksi fisologis , kognitif, dan afektif. Kecemasan yang dialami siswa berkemampuan sedang kedua adalah kecemasan dengan reaksi kognitif, dan afektif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kesulitan Belajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204163258 ASNI FUROIDA |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 07:11 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 04:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21582 |
Actions (login required)
View Item |