RAHMI TSANI SAFITRI, 12205173139 (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI SISTEM PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS 1 DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Menghadapi Sistem Pembelajaran Daring Siswa Kelas 1 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Rahmi Tsani Safitri, NIM. 12205173139. Pembimbing Drs. H. Jani., M.M., M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Guru, Pembelajaran Daring Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa adanya pandemi covid-19 ditahun 2020/2021. Sehingga muncul peraturan baru yang dibuat oleh menteri pendidikan bahwa pendidikan tidak lagi dilaksanakan secara tatap muka melainkan dengan cara daring. Pada proses pembelajaran daring faktanya muncul beberapa masalah yang terjadi pada saat pembelajaran daring seperti turunnya motivasi dan semangat belajar siswa. Selain itu dikarenakan adanya beberapa kendala seperti ada yang belum mempunyai media elektronik sebagai penunjang proses pembelajaran. Dengan adanya fenomena tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai strategi guru dalam menghadapi sistem pembelajaran daring siswa kelas 1 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini meliputi: (1) Bagaimana perencanaan sistem pembelajaran daring guru siswa kelas 1 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2020/2021? (2) Bagaimana implementasi sistem pembelajaran daring guru siswa kelas 1 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2020/2021? (3) Adakah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam sistem pembelajaran daring guru siswa kelas 1 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2020/2021? Tujuan dari penelitian ini meliputi: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan sistem pembelajaran daring guru siswa kelas 1 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2020/2021. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi sistem pembelajaran daring guru siswa kelas 1 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2020/2021. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam sistem pembelajaran daring guru siswa kelas 1 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung tahun ajaraan 2020/2021. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh kebenaran data yang berkaitan sebanyak mungkin, wawancara mendalam mendalam dilakukan peneliti untuk mencari informasi data mengenai strategi guru dalam menghadapi sistem pembelajaran daring siswa kelas 1, sedangkan dokumentasi untuk mencari data dan mencatat hasil observasi seperti foto, dokumen, dan benda-benda tertulis lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan guru dalam sistem pembelajaran daring dikelas 1 disesuaikan keadaan pembelajaran di situasi pandemi covid-19, kelas 1 di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung terdapat dua kelas yakni kelas 1A dan 1B. Strategi yang digunakan guru yaitu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) daring, guru mengatur waktu dan membuat jadwal pembelajaran, menggunakan media elektronik HP dan jaringan internet, membuat group WhatsApp, guru melibatkan orangtua untuk mendampingi anak saat belajar, guru memberikan media yang menarik seperti video pembelajaran. (2) Implementasi yang diterapkan guru dalam sistem pembelajaran daring yaitu guru dituntut kreatif pada saat pembelajaran daring, guru memberikan media pembelajaran seperti foto, video atau gambar screenshoot yang sesuai materi, guru menghubungi siswa saat pembelajaran daring, guru mendatangi siswa apabila tidak mengumpulkan tugas. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam sistem pembelajaran daring. Faktor pendukung meliputi: orangtua sudah mempunyai HP, mendapat bantuan kuota internet, orangtua dapat mengoperasikan HP, orangtua dapat mendampingi anak saat belajar. Faktor penghambat meliputi: orangtua masih ada yang belum mempunyai HP, jaringan internet tidak stabil, terkendala dengan penghasilan orangtua, semangat belajar siswa menurun, orangtua tidak mendampingi anak saat belajar, ada siswa yang ikut asuhan neneknya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205173139 RAHMI TSANI SAFITRI |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 07:44 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 07:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21600 |
Actions (login required)
View Item |