IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 01 BENDOSARI BLITAR

LUSI SELVIA ANGGRIANA, 12201173284 (2021) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 01 BENDOSARI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)

Abstract

Lusi Selvia Anggriana. NIM. 12201173284. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Bendosari 01 Blitar. Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Dr. Muhammad Zaini, MA. Kata kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 merupakan pengembangan atas kurikulum sebelumya. Kurikulum 2013 berbasis kompetensi sekaligus berbasis karakter. Walaupun Kurikulum 2013 sudah diterapkan sejak tahun 2013 silam, namun sampai sekarang  masih ada keluhan dari guru dan peserta didik. Implementasi kurikulum 2013 sangat menonjolkan pendekatan scientific dengan pembelajaran yang terpusat pada peserta didik agar peserta didik berpartisipasi secara aktif. Berkaitan dengan hal ini perlu adanya penelitian mengenai implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Bendosari 01 Blitar agar peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia. Fokus penelitian ini adalah (1) Implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran PAI di SDN Bendosari 01 Blitar, (2) Hambatan implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Bendosari 01 Blitar, (3) Dampak implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Bendosari 01 Blitar. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Bendosari 01 Blitar. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Bendosari 01 Blitar. (3) untuk mendeskripsikan dampak kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Bendosari 01 Blitar. Penelitian ini menggunakan  pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya yaitu Kepala sekolah dan Guru PAI. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan  pengecekan keabsahan data menggunakan kepercayaan (perpanjangan keikutsertaan, triangulasi), keteralihan kebergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan pendekatan scientific. Model pembelajaran  daring, video dengan metode diskusi, latihan soal, dan tugas, serta melakukan evaluasi atau penialaian dengan pendekatan autentik, (2) hambatan internal implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu pembelajaran daring yang dilakukan kurang efektif, dan keterbatasan buku sedangkan hambatan eksternal implementasi kurikulum Pendidikan Agama Islam yaitu fasilitas loker buku yang kurang mewadahi dan wali murid diberatkan dengan buku K13 terlalu mahal. (3) dampak positif implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu peserta didik memiliki karakter yang baik, sedangkan dampak negatif implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu jumlah jam yang terlalu banyak dan memberatkan siswa karena jam pelajaran ditambah padahal siswa mempunyai batas maksimal waktu konsentrasi dalam belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173284 Lusi Selvia Anggriana
Date Deposited: 31 Aug 2021 05:16
Last Modified: 31 Aug 2021 05:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21637

Actions (login required)

View Item View Item