KESIAPAN GURU KELAS DALAM PENGGUNAAN MEDIA DARING PADA SISWA DI MI AL MAHBUB PAKEL SELOPURO BLITAR

INA ROTUD DUJA, 12205173124 (2021) KESIAPAN GURU KELAS DALAM PENGGUNAAN MEDIA DARING PADA SISWA DI MI AL MAHBUB PAKEL SELOPURO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (484kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)

Abstract

Ina Rotud Duja. NIM 12205173124. Kesiapan Guru Kelas dalam Penggunaan Media Daring pada Siswa di MI Al Mahbub Pakel Selopuro Blitar. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Kesiapan Guru, Pembelajaran Daring. Pembelajaran daring merupakan sebuah tantangan baru bagi guru dimasa pandemi covid-19. Pada kondisi darurat seperti ini, menimbulkan berbagai kondisi ketidaksiapan guru dalam mengadapi pembelajaran daring. Namun di MI Al Mahbub Pakel guru sudah merasa siap sejak ditetapkannnya pembelajaran daring di awal pandemi. Untuk mengetahui bagaimana kondisi kesiapan pembelajaran guru, maka peneliti akan meneliti penggunaan media daring di MI Al Mahbub Pakel. Fokus penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah kesiapan pembelajaran guru kelas dalam penggunaan media daring? (2)Bagaimanakah faktor yang mendukung kesiapan pembelajaran guru kelas dalam penggunaan media daring? (3) Bagaimanakah faktor yang menghambat kesiapan pembelajaran guru kelas dalam penggunaan media daring? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, dan guru. Teknik pengumpulan data yaitu observasi penelitian, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kesiapan pembelajaran guru dalam penggunaan media daring dapat dilihat dari persiapan yang dilakukan guru yaitu pada tahap perencanaan berupa membuat RPP, menyiapkan bahan ajar, dan membuat media pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi zoom dan whatsapp. Sedangkan evaluasi dilakukan dengan aplikasi google form dan whatsapp. 2) Beberapa hambatan yang dihadapi guru dalam penggunaan media daring yaitu : biaya operasional mahal diatasi dengan memanfaatkan fasilitas wi-fi di sekolah biasanya guru memanfaatkannya untuk melakukan zoom dan mengirim video pembelajaran, antusias siswa kurang diatasi dengan memberikan motivasi kepada siswa biasa dilakukan guru diakhir pembelajaran, pelatihan yang belum efektif diatasi dengan belajar dari sumber lain seperti mengikuti webinar yang diberikan kemendikbud, guru merasa belum percaya diri diatasi dengan mengadakan persiapan pembelajaran sebaik mungkin, dan self directed learning (SDL) diatasi dengan memberikan motivasi dan menyadari akan pentingnya tanggung jawab sebagai guru. 3) Faktor pendukung kesiapan guru yaitu : fasilitas wi-fi di sekolah biasanya digunakan untuk mengadakan zoom dan mengirim video pembelajaran, perencanaan pembelajaran yang disiapkan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran, komunikasi yang baik dengan orang tua siswa hal ini dimanfaatkan guru agar orang tua juga ikut mengontrol kegiatan belajar anak di rumah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173124 Ina Rotud Duja
Date Deposited: 31 Aug 2021 05:48
Last Modified: 31 Aug 2021 05:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21645

Actions (login required)

View Item View Item