STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) ANUGRAH MART DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UD. ANUGRAH DESA JABANG KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI

MOH BAMBANG SANTOSO, 12402173451 (2021) STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) ANUGRAH MART DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UD. ANUGRAH DESA JABANG KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (38kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Pemasaran UMKM Anugrah Mart dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada UD. Anugrah Desa Jabang Kecamatan Kras Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Mohammad Bambang Santoso, 12402173451, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Mochamad Cobir Sirad, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu strategi kegiatan pemasaran, kondisi perkembangan jumlah penjualan produk, dengan melihat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki UD. Anugrah sehingga diperlukan rancangan untuk mengembangkan mini market supaya sesuai dengan target yang diinginkan dan dapat meningkatkan penjualan setiap tahunnya. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh UMKM Anugrah Mart? (2) Apa kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran UMKM Anugrah Mart dalam meningkatkan volume penjualan? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan dan memeriksa sebab-sebab suatu gejala tertentu. Sumber data yang digunakan antara lain data primer dan data sekunder. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah dengan mereduksi data, paparan data, kemudian verifikasi sesuai dengan rumusan masalah. Sehingga peneliti dapat melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Anugrah telah menjalani strategi pemasaran dengan menggunakan bauran pemasaran 4P. (1) Dengan menerapkan strategi pemasaran produk yang berkualitas, harga yang efektif, saluran distribusi dengan bertanggung jawab penuh atas barang atau jasa yang disediakan serta promosi yang efektif lewat media cetak dan online sesuai dengan metode bauran pemasaran (marketing mix) 4P (2) Kondisi perkembangan tingkat volume penjualan pada UMKM Anugrah Mart Desa Jabang Kecamatan Kras Kabupaten Kediri dalam mengembangkan mini market adalah dalam proses penjualan barang atau jasa dengan menambah persediakan sesuai keinginan masyarakat. Berdasarkan hasil analisis bauran pemasaran, dapat diketahui bahwa Anugrah Mart dapat berkembang dan volume penjualan juga meningkat dari tahun 2016 sampai 2019 walaupun pada tahun 2020 mengalami penurunan yang diakibatkan oleh wabah virus covid-19 akan tetapi penjualan produk tetap tidak mengalami kerugian dan telah efektif dengan penggunaan bauran pemasaran 4P. Serta kelebihan dan kekurangan Anugrah Mart yaitu untuk kelebihannya sudah meyediakan e-payment serta menyediakan pembayaran tunai dan non tunai sedangkan untuk kekurangannya penataan kurang rapi dan tempatnya kurang luas. Kata Kunci: Strategi, Bauran Pemasaran, UMKM, Volume Penjualan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: SKRIPSI 12402173451 Moh Bambang Santoso
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:08
Last Modified: 06 Sep 2021 04:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21646

Actions (login required)

View Item View Item