BINTAN ZAKIYYATUL ULWI, 12201173341 (2021) MENGKRITISI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN PAI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (769kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (422kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Mengkritisi Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Kurikulum 2013 dalam Mata Pelajaran PAI” ini ditulis oleh Bintan Zakiyyatul Ulwi, NIM. 12201173341, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, pembimbing Prof. Dr. H. Akhyak, M. Ag. Kata kunci: Strategi pembelajaran, Kurikulum 2013, Mata pelajaran PAI Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan kurikulum 2013 secara menyeluruh di setiap jenjang pendidikan yang ada di Indonesia yang menekankan pada kemampuan guru untuk mengimplementasikan pembelajaran yang autentik dan bermakna. Strategi pembelajaran contextual teaching and learning menjadi salah satu pilihan guru untuk mewujukan tujuan dari kurikulum 2013 terutama pada mata pelajaran PAI yang belum bisa diterapkan secara maksimal di kelas. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi penerapannya. Oleh karena itu perlu adanya penelusuran terkait faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan srategi pembelajaran ini di kelas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah konsep strategi pembelajaran contextual teaching and learning? (2) Bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran contextual teaching and learning pada kurikulum 2013 dalam mata pelajaran PAI? (3) Bagaimanakah analisis penerapan strategi pembelajaran contextual teaching and learning pada kurikulum 2013 dalam mata pelajaran PAI? Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Sumber data primernya adalah PERMENDIKBUD dan KMA sedangkan sumber data sekundernya adalah jurnal penelitian, makalah dan artikel ilmiah, serta buku-buku yang berkaitan dengan strategi pembelajaran contextual teaching and learning, kurikulum 2013, dan mata pelajaran PAI. Analisis data menggunakan content analysis yaitu penelitian yang bersifat pembahasan mendalam yang berkaitan dengan isi suatu informasi tertulis atau tercetak pada media massa. Hasil penelitian ini diuraikan sebagai berikut: (1) Strategi pembelajaran contextual teaching and learning memiliki konsep student centered yang menempatkan guru sebagai fasilitator dan menyuguhkan pembelajaran autentik yang mengaitkan materi yang diajarkan dengan kehidupan nyata peserta didik. Strategi pembelajaran ini memiliki tujuh komponen diantaranya kontruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian nyata. Sedangkan karakteristiknya adalah mengahdirkan pembelajaran yang bermakna, memahami dan mempraktekkan pengetahuan, pembelajaran dilakukan secara aktif, berfikir kritis, dan menggunakan penilaian autentik. (2) Penerapan strategi pembelajaran contextual teaching and learning dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI dilakukan dengan menyusun perencanaan pembelajaran seperti memilih metode yang sesuai dengan kondisi peserta didik dan guru berperan sebagai fasilitator ketika penerapannya. (3) Keberhasilan penerapan suatu strategi pembelajaran di kelas berdasarkan dengan perencanaan yang disusun oleh guru. Akan tetapi biasanya perencanaan tersebut dapat berubah sehingga guru harus mempersiapkan rencana yang tidak tertulis untuk mengantisipasi hal tersebut.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173341 BINTAN ZAKIYYATUL ULWI |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 06:59 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 06:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21665 |
Actions (login required)
View Item |