STRATEGI GURU UNTUK GAYA BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI PLUS SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

IKA NUR CAHYANI, 12205173319 (2021) STRATEGI GURU UNTUK GAYA BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI PLUS SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (962kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru untuk Gaya Belajar Siswa melalui Pembelajaran Tematik di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung Tahun Ajaran 2020/2021” ini ditulis oleh Ika Nur Cahyani, NIM 12205173319, pembimbing Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Guru, Gaya Belajar, Pembelajaran Tematik Strategi guru merupakan cara yang dilakukan oleh guru agar pembelajaran sesuai dengan yang kita harapkan. Dalam memahami strategi yang tepat diperlukan adanya gaya belajar yang sesuai diantaranya gaya belajar visual, gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik. Gaya belajar visual,gaya belajar auditori, gaya belajar kinestetik memberikan kemudahan bagi pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran karena dengan adanya gaya belajar yang tepat dalam proses pembelajaran membuat peserta didik lebih faham dengan materi yang disampaikan oleh gurunya. Maka dari itu peneliti membuat judul Strategi Guru untuk Gaya Belajar Siswa melalui Pembelajaran Tematik di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung karena di sekolah tersebut memiliki jumlah peserta didik yang banyak mencapai 522 dan prestasi di sekolah tersebut juga baik. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru untuk gaya belajar siswa tipe visual melalui pembelajaran tematik di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung ?(2) Bagaimana strategi guru untuk gaya belajar siswa tipe auditori melalui pembelajaran tematik di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung ?(3) Bagaimana strategi guru untuk gaya belajar siswa tipe kinestetik melalui pembelajaran tematik di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru untuk gaya belajar siswa tipe visual melalui pembelajaran tematik di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. (2) Untuk mengetahui strategi guru untuk gaya belajar siswa tipe auditori melalui pembelajaran tematik di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. (3) Untuk mengetahui strategi guru untuk gaya belajar siswa tipe kinestetik melalui pembelajaran tematik di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan tiga tahapan berupa reduksi data, data display (penyajian data), conclusing drawing/verification. Kemudian untuk pengecekan keabsahan temuan dengan cara memperpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan dan trianggulasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, (1) strategi guru untuk gaya belajar siswa tipe visual melalui pembelajaran tematik di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, yaitu dengan menulis di papan tulis dan membuat media gambar. Hal ini karena sisiwa lebih memahami materi yang disampaikan melalui gambar dan tulisan. (2) strategi guru untuk gaya belajar siswa tipe auditori melalui pembelajaran tematik di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, yaitu dengan metode ceramah dan membaca nyaring di depan. Hal ini karena siswa lebih memahami materi yang disampaikan melalui pendengaran. (3) strategi guru untuk gaya belajar siswa tipe kinestetik melalui pembelajaran tematik di MI Plus Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, yaitu dengan mempraktekkan gerakan dalam materi pelajaran. Hal ini karena siswa lebih memahami materi yang disampaikan melalui gerakan anggota tubuhnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173319 Ika Nur Cahyani
Date Deposited: 08 Sep 2021 02:52
Last Modified: 08 Sep 2021 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21729

Actions (login required)

View Item View Item