STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMPN 2 KRAS KEDIRI

RIA YULIANA, 12201173092 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMPN 2 KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SKRIPSI ini berjudul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Peserta Didik di SMPN 2 Kras Kediri” ini ditulis oleh Ria Yuliana, NIM 12201173092, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Ibu Prof. Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag.,M.Pd., NIP. 19721127 199703 2 001 Kata Kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Religiusitas Religiusitas peserta didik tidak terlepas dari peran seorang guru di sekolah khususnya guru pendidikan agama Islam. Dalam menanamkan nilai-nilai agama diperlukan peran seorang guru dan dengan strategi yang tepat dalam proses meningkatkan religiuitas tersebut. Sekolah sering dianggap belum mampu menbina sikap dan perikau keagamaan peserta didik, terutama pendidikan yang berbasis pendidikan umum. Saat ini banyak anak remaja yang kurang memahami rukun Islam dan rukun iman yang menjadi dasar kepercayaan agama Islam, selain itu juga kurang peduli dengan ketaqwaannya kepada Yang Maha Kuasa yaitu menjalankan apa yang diperintahkan dan menjauhi larangan-Nya, yaitu masih banyak yang meninggalkan ibadah kepada Allah SWT, kemuadian minimnya sopan santun peserta didik kepada orang yang lebih tua, banyak terjadinya tawuran antar pelajar, pergaulan bebas. Hal ini ini ialah tugas bagi guru pendidikan agama Islam untuk memperbaiki sikap peserta didik dalam hal akidah, ibadah, dan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas peserta didik di SMPN 2 Kras Kediri, (2) mendeskripsikan pelaksanaan strategi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMPN 2 Kras Kediri, (3) mendeskripsikan evaluasi strategi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMPN 2 Kras Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, dokumentasi,, dan wawancara. Teknik analisis yang digunaan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data digunakan dengan uji triangulasi dan memperpanjang pengamatan. Hasil penelitian ini sebagai berikut : (1) Perencanaan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meingkatkan religiuitas peserta didik di SMPN 2 Kras Kediri adalah dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan program kegiatan keagamaan. (2) Pelaksanaan strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas peserta didik di SMPN 2 Kras Kediri diantaranya adalah dalam akidah yang berkiatan dengan rukun iman, pelaksanaannya ialah pembiasaan berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran. Jika dalam hal ibadah yaitu menjalankan 5 rukun Islam diantaranya pembiasaan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, kegiatan infak setiap pekan, pondok ramadhan, membayar zakat, kegiatan-kegiatan keagamaan dalam rangka PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) misalnya sholat idul adha berjamaah, peringatan maulid Nabi, peringatan 1 Muharram, Rojabiyah, dan kegiatan ekatrakurikuler keagamaan yaitu Seni Baca Qur’an dan Rebana, sedangkan dalam hal akhlak yaitu pembiasaan untuk berjabat tangan dengan bapak/ ibu guru ketika di depan pintu gerbang sekolah, pembiasaan berbahasa yang sopan dan santun, pendidikan melalui nasihat, motivasi, suri tauladan, pembiasaan berjalan menunduk di depan orang yang lebih tua . (3) Evaluasi strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas peserta didik di SMPN 2 Kras Kediri yaitu guru pendidikan agama Islam melakukan evaluasi di dalam dan di luar kelas, jika di dalam kelas melalui sikap dan tingkah laku peserta didik di dalam kelas melalui penilaian diri dan penilaian teman sejawat dan beberapa tugas kognitif yang diberikan oleh guru pendidikan agama Islam melalui tes tulis atau tes lisan. Sedangkan jika di luar kelas yaitu melalui penilaian secara langsung oleh guru pendidikan agama Islam dan hasil keaktifan peserta didik dalam setiap program kegaiatan keagamaan melalui absensi yang diberikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173092 Ria Yuliana
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:21
Last Modified: 03 Sep 2021 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21742

Actions (login required)

View Item View Item