FRIMA ARDANA TAUFIQIRROHMAN, 12201173278 (2021) PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP DAN PERILAKU ISLAMI SISWA DI SDN 1 KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (339kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (610kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Islami Siswa di SDN 1 Karangrejo Tulungagung” ini ditulis oleh Frima Ardana T., NIM.12201173278, dibimbing oleh bapak Mohammad Ja’far As-Shodiq, M.Pd. I. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Sikap dan Perilaku Islami Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi saat ini dimana terjadi penurunan moral bahkan terjadi pergeseran nilai etika sosial khususnya pada siswa. Siswa yang diharapkan sebagai tombak penerus perjuangan bangsa kini nampaknya kehilangan arah dan tujuannya, sikap dan perilakunya kini terbelenggu oleh pengaruh globalisasi yang memberikan dampak pengaruh negatif. Dalam hal ini peran guru pendidikan agama islam sangat dibutuhkan guna membentuk sikap dan perilaku islami siswa. Dimana letak peran guru PAI sebagai pembimbing, inovator, dan evaluator bertujuan untuk membentuk siswa untuk mempunyai sikap dan perilaku islami yang baik dan diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peran guru PAI sebagai pembimbing dalam membentuk sikap dan perilaku Islami siswa di SDN 1 Karangrejo Tulungagung? (2) Bagaimana peran guru PAI sebagai inovator dalam membentuk sikap dan perilaku Islami siswa di SDN 1 Karangrejo Tulungagung? (3) Bagaimana peran guru PAI sebagai evaluator dalam membentuk sikap dan perilaku perilaku Islami siswa di SDN 1 Karangrejo Tulungagung?. Adapaun yang menjadi tujuan peneitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan peran guru PAI sebagai pendidik dalam membentuk sikap dan perilaku Islami siswa di SDN 1 Karangrejo Tulungagung (2) Untuk menjelaskan peran guru PAI sebagai inovator dalam membentuk sikap dan membentuk perilaku Islami siswa di SDN 1 Karangrejo Tulungagung (3) Untuk menjelaskan peran guru PAI sebagai evaluator dalam membentuk Sikap dan perilaku Islami siswa di SDN 1 Karangrejo Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini berada Kabupaten Tulungagung yaitu di SDN 1 Karangrejo Tulungagung tepatnya terletak di Jalan Raya Kucen, Karangrejo, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan data reduksi (reduksi data), penyajian data, dan verifikasi (menarik kesimpulan). Pengabsahan data menggunakan trianggulasi, ketekunan pengamatan, dan pengamatan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peran guru PAI sebagai pembimbing dalam membentuk sikap dan perilaku Islami siswa di SDN 1 Karangrejo Tulungagung adalah guru menerapkan program 3 S (senyum, salam, sapa) yang diterapkan setiap hari, guru menerapkan budaya sholat dhuha, dan juga pembiasaan dengan membiasakan berdoa sebelum pelajaran dan bertadarus bersama-sama. (2) Peran guru PAI sebagai inovator dalam membentuk sikap dan perilaku Islami siswa di SDN 1 Karangrejo Tulungagung adalah guru memberikan tugas dan kegiatan seperti baca tulis al-qur’an, guru mengubah gaya berseragam menjadi seragam yang menutup aurat, dan ada ekstrakurikuler hadrah dan sholawat di sekolah. (3) Peran guru PAI sebagai evaluator dalam membentuk sikap dan perilaku Islami siswa di SDN 1 Karangrejo Tulungagung adalah guru mengamati dengan observasi langsung, dan guru membuat jurnal yang memuat catatan yang nantinya digunakan untuk evaluasi guru untuk mencapai tujuan pembentukan sikap dan perilaku islami siswa agar lebih baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173278 FRIMA ARDANA TAUFIQIRROHMAN |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 02:29 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 02:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21746 |
Actions (login required)
View Item |