ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN DI UPT BLK TULUNGAGUNG

CHYNTIA VIRA PITALOKA, 12402173089 (2021) ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN DI UPT BLK TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (734kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Penerapan Sistem Informasi dan Komunikasi dalam Pelayanan di UPT BLK Tulungagung” ini ditulis oleh Chyntia Vira Pitaloka, NIM. 12402173089, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Lativa Hartiningtyas, M. Pd. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi informasi yang mempermudah pekerjaan. Sistem informasi yang didukung oleh kemajuan teknologi informasi ini dapat mempermudah pekerjaan. Salah satunya yakni Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker) yang diharapkan bisa memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi dan bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat mengenai ketenagakerjaan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan sistem informasi dan komunikasi dalam pelayanan di UPT BLK Tulungagung? (2) Apa kendala dari penerapan sistem informasi dan komunikasi? (3) Bagaimana pelayanan di UPT BLK Tulungagung? Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam teknisnya pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, dilakukan klarifikasi, editing dan penyajian data sesuai karakter dan jenis masing-masing data. Sebelum data yang terkumpul dianalisis, terlebih dahulu dilakukan pengecekan keabsahan melalui triangulasi pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Hasil penelitiannya diperoleh bahwa (1) Penerapan sistem informasi dan komunikasi dalam pelayanan di UPT BLK Tulungagung ini karena terbilang sisnaker ini masih baru jadi pihak UPT BLK Tulungagung sudah semaksimal mungkin dalam melayani, mensosialisasikan, membimbing para siswa mengenai bagaimana cara menggunakan sistem tersebut. (2) Sistem ini terbilang masih baru dan juga siswa yang ingin mengikuti pelatihan memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Baik dari pendidikannya, usianya, tingkat perekonomiannya dan lain sebagainya. Tetapi yang tidak bisa, tidak paham, tidak mengerti cara menggunakan sistem informasi ketenagakerjaan itu hanya beberapa persen tidak sampai 10 persen dari total siswa yang ikut/daftar pelatihan di UPT BLK Tulungagung. (3) Terkait adanya Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker) pelayanan di UPT BLK Tulungagung tetap berjalan dengan baik dan tetap melayani yang datang secara langsung ke KIOS 3in 1. Kata Kunci: Sistem Informasi Ketenagakerjaan, Pelayanan, dan UPT BLK Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Komunikasi Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173089 CHYNTIA VIRA PITALOKA
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:15
Last Modified: 06 Sep 2021 06:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21803

Actions (login required)

View Item View Item