PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MIFTAHUL ULUM SWEDEN KALIGRENJENG BLITAR

MOCHAMAD MIFTACHUL HUDA, 12207173003 (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI MIFTAHUL ULUM SWEDEN KALIGRENJENG BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (196kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Mi Miftahul Ulum Sweden Kaligrenjeng Blitar”, ini ditulis oleh Mochamad Miftachul Huda, NIM 12207173003, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Muhammad Zainul Arifin, M. Pd. I. Kata Kunci: Kepala Sekolah, Supervisor, Kinerja Peran kepala sekolah/madrasah sangatlah penting bagi lembaga pendidikan yang dipimpinnya, salah satu peran kepala sekolah yaitu sebagai supervisor. Kegiatan supervisi meliputi pengawasan, penilaian, dan pemberian bimbingan kepada guru. Peningkatan kinerja guru adalah sasaran dalam kegiatan supervisi, peningkata kinerja guru akan berdampak pada hasil belajar siswa sehigga jika kinerja guru baik akan berdampak pada pengelolaan pembelajaan dan hasil balajar mengajar yang maksimal sehingga siswa bisa menerima materi dengan baik. Fokus peneitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kegiatan kepala sekolah sebagai supervisor di MI Miftahul Ulum Sweden Desa Kaligrenjeng?, (2) Bagaimana teknik yang digunakan kepala sekolah sebagai supervisor di MI Miftahul Ulum Sweden Desa Kaligrenjeng?, (3) Bagaimana implementasi teknik supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di MI Miftahul Ulum sweden Desa Kaligrenjeng?, (4) Bagaimana evaluasi teknik supervisi kepala sekolah di MI Miftahul Ulum Sweden Desa Kaligrenjeng?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan memahami perencanaan kegiatan kepala sekolah sebagai supervisor di MI Miftahul Ulum Sweden. (2) Mengetahui dan memahami teknik yang digunakan kepala sekolah sebagai supervisor di MI Miftahul Ulum Sweden. (3) Mengetahui dan memahami implementasi teknik supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru di MI Miftahul Ulum Sweden. (4) Mengetahui dan memahami evaluasi teknik supervisi kepala sekolah di MI Miftahul Ulum Sweden. Penelitian ini adalah penelitian kuaitatif, dengan mengambil latar peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru di MI Miftahul Ulum Sweden Desa Kaligrenjeng Kabupaten Blitar. Sumber data penelitian ini diambil dari kepala madrasah, wali kelas 1 dan wali kelas 6 sekaligus bidang kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ceridibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) perencanaan kegiatan kepala sekolah sebagai supervisor adalah memberikan bantuan, mentoring, pengawasan, dan mempertinggi daya kreatifitas guru, (2) teknik yang digunakan kepala sekolah sebagai supervisor adalah teknik supervisi individu, (3) implementasi teknik supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah megadakan kunjungan kelas, membimbing guru tentang pengelolaan kelas, dan membimbing dan membantu guru dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran dan silabus serta memberikan motivasi kepada guru, (4) evaluasi teknik supervisi kepala sekolah adalah supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dirasa berhasil dibuktikan dengan banyak guru yang merasa mengalami peningkatan kinerja dan pengetahuan meskipun banyak hambatan dalam pelaksanaan supervisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173003 mochamad miftachul huda
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:07
Last Modified: 08 Sep 2021 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21881

Actions (login required)

View Item View Item