STRATEGI BAURAN PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH PADA UD. INDAH JAYA DESA TAWANGREJO KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN BLITAR

HALUMMA RIFQI ALBA, 12402173423 (2021) STRATEGI BAURAN PEMASARAN USAHA KECIL MENENGAH PADA UD. INDAH JAYA DESA TAWANGREJO KECAMATAN BINANGUN KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Menengah Pada UD. Indah Jaya Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Halumma Rifqi Alba, 12402173423, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam Negri Tulungagung, Pembimbing Mochamad Chobir Sirad, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan bisnis yang semakin ketat terutama pelaku UKM, perusahaan dalam waktu dekat harus mampu mengubah diri menjadi lebih kuat dan mampu menanggapi kebutuhan pasar. Sebagai seorang pelaku usaha yang kreatif dituntut untuk bisa menentukan komoditas apa saja yang memiliki nilai jual cukup tinggi di pasaran. Oleh karena itu bagaimana strategi pemasaran (marketing mix) UD. Indah Jaya serta hambatan dan solusi untuk menghadapi situasi saat ini terutama pada masa pandemi COVID-19. Adapun fokus penelitian dari penelitian ini adalah (1). Bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran usaha kecil menengah pada UD. Indah Jaya Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar dilihat dari segi produk, harga, tempat, dan promosi?. (2). Apa saja hambatan dan solusi yang diperoleh pada UD. Indah Jaya Desa Tawangrejo Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar dalam mengembangkan usahanya?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan antara lain data primer dan data sekunder. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah dengan mereduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan sesuai dengan fokus penelitian. Sehingga peneliti dapat melakukan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi data, diskusi teman sejawat, dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD Indah Jaya menerapkan strategi bauran pemasaran 4P. (1). dengan menerapkan strategi pemasaran produk berkualitas, melengkapi perizinan seperti: SIUP, TDP, NIB, P-IRT, NPWP, IU Nutrition Fact dan label dari MUI, menerapkan harga murah dengan kualitas terbaik, saluran distribusi yang baik dan bertanggung jawab penuh hingga sampai ke tangan konsumen, dan promosi yang efektif dengan cara offline maupun online. (2). Hambatan yang diperoleh pada UD. Indah Jaya yaitu keterbatasan modal, bahan baku, proses produksi, saluran distribusi di masa pandemi COVID-19, dan promosi yang kurang maksimal. Sehingga solusi yang digunakan adalah membangun sistem kekeluargaan antara pebisnis dan tokoh msyarakat, rencana membuat cetakan yang sekali cetak bisa menghasilkan 3-4 permen lollipop, menambah kendaraan, mengurus perizinan distribusi dan membuat E-commerce. Kata Kunci: Strategi bauran pemasaran, usaha kecil menengah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: SKRIPSI 12402173423 HALUMMA RIFQI ALBA
Date Deposited: 08 Sep 2021 04:28
Last Modified: 08 Sep 2021 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21886

Actions (login required)

View Item View Item