PERAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI RUMAH (LEARN FROM HOME) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK DHARMA WANITA PARELOR KUNJANG KEDIRI

DIAH SUCI WULANDARI, 17206153004 (2020) PERAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI RUMAH (LEARN FROM HOME) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK DHARMA WANITA PARELOR KUNJANG KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (297kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Orang Tua dalam Kegiatan Pembelajaran di rumah (Learn From Home) pada Masa Pandemi Covid-19 di Tk Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri” ditulis oleh Diah Suci Wulandari, NIM. 17206153004, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, 2020. Dosen Pembimbing: Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pembelajaran di rumah, Covid-19 Saat ini di Indonesia, diterapkan kebijakan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh atau sekolah online di semua jenjang pendidikan. TK Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri merupakan salah satu lembaga pendidikan yang tak luput dari penerapan kebijakan ini. Di sekolah ini, peran orang tua dalam kegiatan pembelajaran di rumah (learn from home) secara online sudah cukup baik, walaupun dalam pelaksanaannya belum bisa semaksimal mungkin. Sebagian wali murid, memberikan apresisasi ketika terjadi kendala baik pada peserta didik maupun faktor lainnya dalam melaksanakan pembelajaran. Para murid juga senang mengerjakan tugas yang diberikan pada mereka sehingga orang tua dapat membimbing mereka dengan baik dan lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam kegiatan pembelajaran di rumah (learn from home) pada masa pandemi Covid 19 di TK Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran di rumah (learn from home) pada masa pandemi Covid-19 di TK Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri. (3) Untuk mendeskripsikan solusi dari kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran di rumah (learn from home) pada masa pandemi Covid-19 di TK Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada para wali murid yang bersekolah di di TK Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran orang tua dalam kegiatan pembelajaran di rumah (learn from home) pada masa pandemi Covid-19 di TK Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri antara lain mendampingi anak selama pembelajaran berlangsung, memberikan dorongan motivasi kepada anak, menyiapkan fasilitas pembelajaran jarak jauh untuk anak, memperhatikan kondisi anak selama pembelajaran berlangsung, dan menanamkan sikap bertanggung jawab kepada anak. (2) Kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran di rumah (learn from home) pada masa pandemi Covid-19 di TK Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri adalah masalah jaringan internet, masalah terkait metode pembelajaran karena tidak ada interaksi murid dan tutor secara langsung, kurangnya penguasaan teknologi pada orang tua, minimnya informasi mengenai sistem pembelajaran jarak jauh, dan menurunnya semangat atau motivasi belajar siswa. (3) Solusi dari kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran di rumah (learn from home) pada masa pandemi Covid-19 di TK Dharma Wanita Parelor Kunjang Kediri antara lain yaitu memanfaatkan jaringan wifi, orang tua mempraktekkannya pembelajaran terkait materi agar anak paham, membuat grup khusus untuk koordinasi sesama orang tua murid, orang tua meminta bantuan orang lain yang lebih menguasai teknologi, dan memberikan hadiah sebagai apreisasi untuk anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206153004 DIAH SUCI WULANDARI
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:01
Last Modified: 14 Sep 2021 04:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21923

Actions (login required)

View Item View Item