AFIFAH MIFTAHUL JANNAH PUTRI, 12206173011 (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RA YAA BUNAYYA KECAMATAN SRENGAT. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (663kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (505kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (158kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (400kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (157kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) | Preview |
Abstract
Afifah Miftahul Jannah Putri, 2021, “Implementasi Model Pembelajaran Sentra Pada Masa Pandemi Covid-19 di RA Yaa Bunayya Kecamatan Srengat”, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing : Dr. Adi Wjayanto S. Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata kunci : Model Pembelajaran Sentra, Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pandemi Covid-19 yang mempengaruhi terhadap bidang pendidikan anak usia dini. Terutama pada penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang menggunakan model pembelajaran sentra. Sehingga dalam hal ini peneliti tertarik untuk meneliti dan mengetahui lebih dalam tentang bagaimana penyelenggaraan model pembelajaran sentra pada masa pandemi Covid-19 di RA Yaa Bunayya Srengat. Fokus dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran sentra pada masa pandemi Covid-19 di RA Yaaa Bunayya Srengat? (2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran sentra pada masa pandemi Covid-19 di RA Yaaa Bunayya Srengat? (3) Bagaimana penilaian model pembelajaran sentra pada masa pandemi Covid-19 di RA Yaaa Bunayya Srengat?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi; wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah serta dokumen dokumen dan data yang berkaitan dengan model pembelajaran sentra di RA Yaa Bunayya Srengat. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa perencanaan model pembelajaran sentra pada masa pandemi di RA Yaa Bunayya antara lain menyiapkan RPP, Program Tahunan, Prgram Semester dan kalender akademik dengan menyesuaikan kondisi pandemi. Begitupula dengan pelaksanaannya yaitu menggunakan pembelajaran sentra secara daring dengan menerapkan pijakan- pijakan yang ada dalam pembelajran sentra. Penilaian pada pembelajaran sentra anak usia dini di RA Yaa Bunayya selama masa pandemi Covid-19 melalui beberapa tahapan yaitu antara lain obervasi yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, pencatatan (hasil karya, catatan anekdot, dan catatan harian), pengolahan hasil belajar (Checklis, analisis), pengarsipan (portofolio), dan pelaporan. Lima tahapan penilaian tersebut dilakukan demi mendapat keterangan kemajuan kompetensi anak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Covid-19 Pandemi Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206173011 Afifah Miftahul Jannah Putri |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 03:56 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21924 |
Actions (login required)
View Item |