IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RA YAA BUNAYYA KECAMATAN SRENGAT

AFIFAH MIFTAHUL JANNAH PUTRI, 12206173011 (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RA YAA BUNAYYA KECAMATAN SRENGAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (663kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (505kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Afifah Miftahul Jannah Putri, 2021, “Implementasi Model Pembelajaran Sentra Pada Masa Pandemi Covid-19 di RA Yaa Bunayya Kecamatan Srengat”, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing : Dr. Adi Wjayanto S. Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata kunci : Model Pembelajaran Sentra, Pandemi Covid-19 Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pandemi Covid-19 yang mempengaruhi terhadap bidang pendidikan anak usia dini. Terutama pada penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang menggunakan model pembelajaran sentra. Sehingga dalam hal ini peneliti tertarik untuk meneliti dan mengetahui lebih dalam tentang bagaimana penyelenggaraan model pembelajaran sentra pada masa pandemi Covid-19 di RA Yaa Bunayya Srengat. Fokus dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran sentra pada masa pandemi Covid-19 di RA Yaaa Bunayya Srengat? (2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran sentra pada masa pandemi Covid-19 di RA Yaaa Bunayya Srengat? (3) Bagaimana penilaian model pembelajaran sentra pada masa pandemi Covid-19 di RA Yaaa Bunayya Srengat?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi; wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah serta dokumen dokumen dan data yang berkaitan dengan model pembelajaran sentra di RA Yaa Bunayya Srengat. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa perencanaan model pembelajaran sentra pada masa pandemi di RA Yaa Bunayya antara lain menyiapkan RPP, Program Tahunan, Prgram Semester dan kalender akademik dengan menyesuaikan kondisi pandemi. Begitupula dengan pelaksanaannya yaitu menggunakan pembelajaran sentra secara daring dengan menerapkan pijakan- pijakan yang ada dalam pembelajran sentra. Penilaian pada pembelajaran sentra anak usia dini di RA Yaa Bunayya selama masa pandemi Covid-19 melalui beberapa tahapan yaitu antara lain obervasi yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, pencatatan (hasil karya, catatan anekdot, dan catatan harian), pengolahan hasil belajar (Checklis, analisis), pengarsipan (portofolio), dan pelaporan. Lima tahapan penilaian tersebut dilakukan demi mendapat keterangan kemajuan kompetensi anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Pandemi
Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206173011 Afifah Miftahul Jannah Putri
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:56
Last Modified: 28 Oct 2021 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/21924

Actions (login required)

View Item View Item