INEZ AS’ADATUN HARDIATI HUSNA, 2205173152 (2021) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (4MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini yang berjudul “Implementasi Metode Mind Mapping Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Pelajaran Matematika Kelas V Di MIN 7 Tulungagung” ditulis oleh Inez As’adatun Hardiati Husna, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dibimbing oleh bapak Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. Kata kunci: mind mapping, mengatasi kesulitan belajar, matematika Metode Mind mapping yaitu merupakan salah satu dari metode pembelajaran yang berfokus pada mencatat untuk membantu kita dalam mengingat sebuah materi serta dapat juga untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi, membantu mengorganisasi materi dan juga memberikan wawasan-wawasan yang baru. Metode Mind Mapping ini sendiri dikembangkan oleh Tony Buzan. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan Metode Mind Mapping Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Pelajaran Matematika Kelas V Di Min 7 Tulungagung?, 2) Bagaimana pelaksanaan Metode Mind Mapping Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Pelajaran Matematika Kelas V Di Min 7 Tulungagung?, 3) Bagaimana hasil Metode Mind Mapping Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Pelajaran Matematika Kelas V Di Min 7 Tulungagung? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekkan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, pemeriksaan teman sejawat dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian yang digunakan adalah tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian yang telah dilakukan di MIN 7 Tulungagung adalah yaitu diwujudkan dengan 3 tahap, yaitu tahap perencanaan dengan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus, media pendidikan serta materi yang akan disampaikan. Tahap pelaksanaan merupakan kegiatan inti dalam membuat mind mapping ada yang individu maupun berkelompok. Jika berkelompok guru membagi siswa dalam beberapa kelompok kemudian siswa mencermati/ membaca materi, berdiskusi dan siswa mempresentasikan hasil diskusinya, Jika individu atau siswa yang mengikuti belajar Daring siswa mengerjakan mind mapping sendiri di buku tulis atau di kertas dengan mandiri setelah itu dipresesntasikan sendiri dengan cara dividio. Tahap hasil pembelajaran yang dilakukan oleh guru melalui pemberian tugas dan hasil dari tugas-tugas yang diberikan itulah guru bisa mengukur bahwasanya siswa sudah memahami materi dan sudah tidak megalami kesulitan belajar lagi dalam mengunakan metode pembelajaran mind mapping.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan Islam Psikologi > Psikologi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | S1 12205173152 INEZ AS’ADATUN HARDIATI HUSNA |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 02:35 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 02:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22027 |
Actions (login required)
View Item |