STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI MIN 1 KEDIRI

BELIA KURNIA SARI, 12205173111 (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA BERDASARKAN GAYA BELAJAR DI MIN 1 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar di MIN 1 Kediri” ditulis oleh Belia Kurnia Sari, NIM. 12205173111, dibimbing oleh Prof. Dr. Dra. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Gaya Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perbedaan setiap siswa yang menimbulkan karakteristik yang menonjol dari siswa di MIN 1 Kediri terutama dalam gaya belajar yang diterapkan siswa. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, terlebih dahulu guru perlu mengetahui perbedaan gaya belajar siswa. Kemudian guru harus mampu menggunakan berbagai strategi yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui gaya belajar visual di MIN 1 Kediri? (2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui gaya belajar auditori di MIN 1 Kediri? (3) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui gaya belajar kinestetik di MIN 1 Kediri? Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui gaya belajar visual di MIN 1 Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui gaya belajar auditori di MIN 1 Kediri. (3) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui gaya belajar kinestetik di MIN 1 Kediri. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang dilaksanakan guna menghasilkan data deskriptif dalam bentuk tulisan, lisan dan perilaku dari subjek yang diteliti. Tekhnik pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data penelitian yakni, 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan, 1) Memperpanjang pengamatan, 2) Triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan, berdasarkan paparan data dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan gaya belajar visual adalah dengan cara menjelaskan materi dengan menulis di papan tulis. Hal ini karena siswa dengan gaya belajar visual lebih memahami jika diberi penjelasan berupa tulisan. Dengan menggunakan gambar, guru memiliki tujuan agar siswa dengan gaya belajar visual lebih tertarik dalam proses pembelajaran. (2) Strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan gaya belajar auditori yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan metode kelompok. Dalam metode ceramah guru menjelaskan materi dengan menggunakan suara yang lantang dengan intonasi yang jelas agar siswa dapat menyerap informasi secara tepat. (3) Strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dengan gaya belajar kinestetik adalah dengan menyelangi pembelajaran dikelas dengan permainan. Guru juga mengajak siswa untuk bernyanyi dan menggerakkan sedikit anggota tubuhnya agar siswa tidak bosan saat proses pembelajaran. Selain itu guru di MIN 1 Kediri juga mengajak siswa untuk belajar di luar kelas. Siswa yang menerapkan gaya belajarnya dengan baik akan memiliki kepercayaan diri yang bagus, motivasi belajar yang tinggi, disiplin dalam belajar serta akan berusaha membuat belajar menjadi hal yang menyenangkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205173111 BELIA KURNIA SARI
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:17
Last Modified: 14 Sep 2021 02:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22039

Actions (login required)

View Item View Item